Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Coffee Morning B2117AN CPNS Bakosurtanal 2010/PNS BIG 2012

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Pada Senin, 13 April 2015 diadakan acara kumpul bersama angkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Tahun 2010 atau PNS Badan Informasi Geospasial (BIG) Tahun 2012 yang diselenggarakan di Aula BIG Gedung S Lantai 2. Tujuan penyelenggaraan acara Coffee Morning B2117AN sebagai ajang komunikasi dan silaturahmi sekaligus temu pisah dengan salah satu rekan yang akan ditempatkan di Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis-Yogyakarta. Coffee Morning mengangkat tema B2117AN yang bermakna 'BerDuapuluh Satu Satu Tujuan'. Angkatan CPNS Bakosurtanal 2010 atau yang dilantik sebagai PNS BIG tahun 2012 ini berjumlah 21 orang dan akan menginjak masa kerja selama lima tahunper bulan Desember 2015 nanti.

Kebersamaan yang terjalin tak akan hilang meski terpisah ruang dan waktu, dan ajang kumpul bersama ini diselenggarakan bukan sekali ini saja. Rutinitas kerja sebagai Aparatur Sipil Negara harus diimbangi dengan kegiatan lain, salah satunya ialah melalui kegiatan silaturahmi atau kumpul keluarga besar dalam satu angkatan kerja. Tujuan yang kecil dan sederhana adalah membangun dan menjaga kebersamaan sebagai satu keluarga bagian dari sebuah keluarga besar BIG.

Acara diawali oleh Aji Putra Perdana (PPRT-BIG) dengan menceritakan tentang makna dibalik Kopi Morning B2117AN. Terinspirasi dari sebuah Film "Filosofi Kopi" yang diadaptasi dari cerita pendek Dewi "Dee" Lestari. Kata kopi sendiri berasal dari Bahasa Arab قهوةqahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Petikan "Filosofi Kopi" yang diambil oleh Aji dalam paparannya ialah "sesempurna apapun Kopi yang kamu buat tetap Kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan". Sebuah pesan yang disampaikan untuk para PNS ber21 agar senantiasa menjaga komunikasi dalam persaudaraan mereka. Ayu Ratna Krismanti adalah salah satu PNS BIG tahun 2012 yang akan ditempatkan di Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis-Yogyakarta.

Dalam acara inihadir pula Titiek Suparwati, Sekretaris Utama BIG yang turut memberikan kalimat penyemangat bagi kebersamaan. Pesan yang disampaikan ialah tetap solid dan kompak, jangan terpecah belah. "Bangunlah komunikasi dan sinergi yang kuat baik internal (dalam satu angkatan) maupun eksternal (dengan semuanya) sebagai satu kesatuan Keluarga Besar BIG", ungkap Titiek. Harapan besar dari Titiek ialah agar bersama-sama dan bersinergi dalam mengembangkan Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis sebagai bagian dari BIG.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan menikmati kopi hangat, jagung rebus, kacang, bubur kacang hijau dan jajanan pasar yang telah disiapkan sembari menikmati beberapa tayangan video dan foto dari awal satu angkatan berjumpa saat diterima di BAKOSURTANAL/BIG hingga perjalanan yang telah dilalui selama ini. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Fuad Hasyim, yang dilanjutkan dengan satu persatu dari peserta menyampaikan kalimat untuk Ayu Ratna Krismanti. Sebuah album foto kenangan perjalanan diserahkan juga kepada Ayu. Pesan yang ingin disampaikan untuk keluarga besar BIG ialah 'Marilah Membangun Kebersamaan dan Bersama BIG untuk Menata Indonesia yang Lebih Baik'. (APP/LR/TR)