Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Umumkan Pemenang Lomba Face of BIG dan Greetings

Cibinong, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali mengadakan acara senam pagi bersama guna mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diselenggarakan pagi tadi di kantor BIG, Cibinong, Bogor pada hari Jumat, tanggal 24 Maret 2017. GNRM tersebut mengacu pada Instruksi Presiden RI nomor 12 Tahun 2016, dimana ada 5 Program Gerakan Revolusi Mental yang sedang digalakkan pemerintah, yaitu: Program gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu. Acara BIG ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Gerakan BIG Melayani, yang merupakan dukungan BIG terhadap GNRM, terutama terkait Gerakan Indonesia Melayani.

Senam bersama kali ini dihadiri oleh Hasanuddin Zainal Abidin, Kepala BIG beserta semua staf dan jajaran pejabat struktural yang berkumpul di lapangan Kantor BIG. Sebelum senam dimulai, Kepala BIG, Hasanuddin memberikan beberapa patah kata sambutan, dimana dijelaskan bahwa GNRM ini merupakan gerakan yang dilaksanakan berdasar pada Inpres no 12 tahun 2016, dimana terdapat lima gerakan yang dilaksanakan, lalu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) didapuk sebagai koordinator gerakan indonesia melayani. Selain lima gerakan, terdapat pula 10 fokus program yang harus dilaksanakan, dimana 4 diantaranya terkait dengan pengembangan sumbersaya manusia (SDM), dan 5 diantaranya terkait perbaikan sistem aturan, serta perbaikan sarana dan prasana pelayanan publik.

Acarapun dilanjutkan dengan senam pagi bersama selama kurang lebih 45 menit. Para peserta yang merupakan pegawai BIG dengan semangat mengikuti gerakan-gerakan yang diperagakan oleh instruktur yang telah disediakan. Setelah senam pagi bersama, acara dilanjutkan dengan sosialisasi terkait Revolusi Mental dari Komite Independen Revolusi Mental. Pada kesempatan itu dilaksanakan pula kegiatan mannequin challenge yang dipandu oleh MC untuk seluruh pegawai BIG. Selama beberapa menit para peserta bergaya dan diabadikan melalui kamera dokumentasi.

Kemudian pada akhir acara dilaksanakan pengumuman pemenang lomba Face Of BIG dan Greeting. Pengumuman pemenang dilakukan oleh Ikacha Ibrahim dari Trainer of Public Service yang memang didapuk oleh BIG untuk menyelenggarakan lomba tersebut. Sebelumnya dijelaskan oleh Ikacha apa itu lomba Face Of BIG dan Greeting. “Face of BIG adalah lomba yang mencari gambaran dari BIG sendiri atau orang yang bisa menggambarkan tentang bagaimana BIG, sedangkan Greeting adalah senyum sapa salam yang ramah yang diberikan seseorang kepada orang lain”, terang Ikacha.

Kemudian para MC, Akbar Hiznu M. dan Wulan Yustia S. mengumumkan siapa saja para pemenang lomba. Adapun penjurian lomba telah dilaksanakan selama pekan Gerakan BIG Melayani, yaitu mulai tanggal 21-23 Maret 2017. Berikut nama-nama pemenang:

Kategori Lomba Face of BIG :

Juara 1: Intan Yulia Antasari (Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim)

Juara 2: Wahyu Tri Handayani (Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas)

Juara 3: Akbar Hiznu M. (Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum)

Kategori Lomba Greeting :

Juara 1: Yenny Elfrida Hutasoit (Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial)

Juara 2: Maya Meisyaroh (Inspektorat)

Juara 3: Ratih Destarina (Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai)

Hadiah para pemenang lomba diberikan langsung oleh Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati. Dijelaskan bahwa penilaian dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu via telepon dan wawancara secara langsung kepada para staf BIG. Semoga para pemenang lomba benar-benar mampu melaksanakan pelayanan terbaik dalam tugasnya di BIG. Dan tidak hanya para pemenang saja, namun semua staf BIG turut menanamkan jiwa pelayanan dalam tugasnya sehari-hari. Bila semua staf BIG sudah melaksanakan pelayanan sebaik mungkin, niscaya pelayanan di BIG secara keseluruhan juga turut membaik. Sekali lagi semangat kepada para pemenang! Semoga ke depannya BIG dapat semakin meningkatkan pelayanannya! (TN-LR)