Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Terima Kunjungan UPN “Veteran” Yogyakarta

Cibinong, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali menerima kunjungan dari perguruan tinggi. Kali ini BIG menerima tamu dari UPN “Veteran” Yogyakarta. Berbeda dari kunjungan biasanya yang didominasi oleh peserta mahasiswa, kunjungan yang dilaksanakan pada 7 September 2018 ini merupakan kunjungan dari Dosen Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Kunjungan yang dimulai pada pukul 14.00 WIB ini dilakukan sebagai media diskusi para akademisi dengan tim teknis di BIG mengenai proses pembuatan peta rupabumi skala besar. Sebanyak 12 orang dosen dan 4 mahasiswa diterima oleh Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas (PTRA), Dr. Mulyanto Darmawan di Gedung PTRA, BIG.

Pada sambutannya, Djoko Mulyanto sebagai perwakilan dosen menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimanya rombongan dari Prodi Ilmu Tanah UPN Yogyakarta dalam kunjungan ke BIG. pada kesempatan ini, Bapak Djoko juga menyampaikan profil Prodi Ilmu Tanah, sejarah, visi, misi dan tujuan, tenaga pengajar serta beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Prodi tersebut.

Profil BIG sebagai materi pengantar disampaikan oleh Bapak Mulyanto Darmawan. Selain menyampaikan tentang tugas dan fungsi BIG, beliau juga menyampaikan tentang bisnis proses serta berbagai kegiatan yang dilakukan BIG demi menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara Informasi Geospasial di Indonesia. Informasi ini penting diketahui peserta kunjungan untuk memperkaya pengetahuan peserta kunjungan mengenai IG dan BIG.

Selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Habib Subagio, Kepala Bidang Pemetaan Dinamika Sumberdaya, PTRA. Dalam paparannya, beliau mewakili Kapus PTRA menyampaikan tugas dan fungsi PTRA, aktivitas yang dilakukan di PTRA sepanjang tahun 2017 serta produk yang dihasilkan. Bapak Habib juga menyampaikan terkait keterlibatan PTRA dalam kegiatan penyusunan RTRW atau RDTR di berbagai daerah.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Maundri Prihanggo, Staf Pusat Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT). Maundri menyampaikan tentang bisnis proses dalam pemetaan rupabumi yang dimulai dari akuisisi data, pengukuran titik kontrol, digitasi hingga sampai ke penyajian hasil pekerjaan dalam bentuk geodatabase. Dalam presentasinya, Maundry juga menyampaikan informasi ketersediaan peta rupabumi Indoensia di BIG dalam berbagai skala, serta  status hasil orthorektifikasi citra satelit resolusi tinggi.

Sebagai salah satu bentuk penyebarluasan informasi geospasial, Wendra, staf Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial menyampaikan materi terkait Ina-Geoportal . Wendra menyampaikan apa itu Ina-Geoportal serta cara menggunakannya. “Data yang ada pada Ina-Geoportal sangat bermanfaat bagi masyarakat umum dan khususnya akademisi. Data-data tersebut dapat diunduh secara gratis.” jelas Wendra. Wendra juga mendemonstrasikan cara untuk mengunduh data dari Ina-Geoportal.

Kunjungan ini ditutup dengan diskusi bersama narasumber yang telah dihadirkan. Peserta kunjungan banyak mengajukan pertanyaan karena merasa tertarik dengan materi yang disampaikan.  Diharapkan dari kunjungan ini seluruh peserta mendapatkan tambahan informasi dan pengetahuan mengenai IG dan BIG yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. (LN)