Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Terima Kunjungan dari 75 Mahasiswa UNTAR

Cibinong, Berita Geospasial - Sebanyak 75 mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Kota Konsentrasi Real Estate,  Universitas Tarumanegara (UNTAR), Jakarta melakukan kunjungan belajar ke Badan Informasi Geospasial (BIG) pada hari Rabu (tanggal 2 Mei 2018), pada kesempatan itu para mahasiswa diberikan berbagai materi dan pemahaman mengenai tugas pokok dan fungsi Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kunjungan tersebut diterima oleh Arik Sukaryanti, dari Bidang Promosi dan Kerja Sama, Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG. Arik mengucapkan selamat datang kepada peserta kunjungan dan memberikan paparan terkait profil BIG. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa semester 2, 3 dan 4, serta beberapa dosen dari konsentrasi studi real estate ini dilaksanakan dalam rangka pengenalan dan studi lapangan yang diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan para mahasiswa terutama mengenai Informasi Geospasial (IG).

Peserta mendapat beberapa materi pada hari itu, salah satunya terkait Pengenalan Peta Rupa Bumi Skala Besar oleh Hermanyulis dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT), Analisis Data Spasial Untuk Perencanaan Pengembangan Wilayah oleh Yosef Prihanto dari bidang penelitian, Serta Aplikasi Jaringan Informasi Geospasial Nasional  oleh Indah Khurotul A. dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG BIG).

Pentingnya IG dalam tata kelola pembangunan Indonesia, termasuk perencanaan wilayah dan kota menjadi pembahasan utama kegiatan kunjungan belajar para mahasiswa. “Dalam perencanaan pengembangan wilayah suatu daerah diperlukan data spasial yang akurat dan valid agar pembangunan wilayah sesuai dengan yang direncanakan”, ungkap Yosef Prihanto peneliti BIG yang menjadi salah satu narasumber.

Diharapkan dengan kunjungan belajar yang dilakukan oleh para mahasiswa perencanaan wilayah dan tata kota Universitas Tarumanegara bisa menjadi langkah awal dalam mengaplikasikan penggunaan data spasial untuk perencanaan pengembangan wilayah dan perkotaan di Indonesia. (AR/LR)