Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Tes CPNS Generasi Pertama

Sejak moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)yang sudah berlangsung selama 16 bulan dan berakhir 31 Desember 2012, BIG tidak melakukan penerimaan CPNS baru.  Moratorium ini dilaksanakan dengan dasar untuk penataan-ulang kebijakan dan sistem kepegawaian.  Upaya-upaya pembenahan kebijakan maupun sistem kepegawaian akan terus digencarkan BIG, antara lain dengan menyelaraskan siklus analisis kebutuhan pegawai pemerintah dengan siklus anggaran.

Tahun 2013 Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan tes penerimaan CPNS untuk tahun 2014.  Rangkaian tes telah dilaksanakan dalam beberapa tahap. Dan pada Minggu, 8 Desember 2013, dilaksanakan Tes Kompetensi Bidang (TKB) CPNS BIG Tahun 2013 di Aula Utama BIG Cibinong, yang diikuti oleh para peserta yang lulus tahapan seleksi sebelumnya. Total peserta yang mengikuti TKB CPNS BIG berjumlah 315 orang dari 328 orang yang diundang, dimana 13 orang tidak mengikuti tes.

Pelaksanaan TKB CPNS BIG dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 08.30 WIB-11.30 WIB dan sesi kedua berlangsung pukul 13.00 WIB-16.00 WIB. Panitia mengecek kelengkapan berkas para peserta tes sebelum memberikan nomor kursi pada kartu ujian peserta.

Sebelum tes dimulai,Kepala Bagian Kepegawaian dan Ortala BIG, Adi Junjunan Mustafa menjelaskan tentangtata tertib tes dan memimpin pembukaan koper ujian dengan disaksikan perwakilan peserta anggota sub tim pembuat soal dan TU Inspektorat BIG, Yorda Prita Utama.

Para peserta mengikuti pelaksanaan TKB CPNS BIG Tahun 2013 tanpa ada halangan yang berarti. Panitia tes mengumumkan jadwal tes wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 Desember 2013 di Aula BIG Cibinong. Pengumuman CPNS yang lulus rangkaian tes Penerimaan CPNS BIG Tahun 2013 akan diumumkan akhir Bulan Desember 2013. Nantinya, 83 orang CPNS yang lulus merupakan generasi pertama CPNS BIG setelah moratorium penerimaan PNS.

Oleh: Agung TM