Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Sarasehan Sebagai Sarana Silaturahim dan Penguatan Organisasi

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) penyelenggara informasi geospasial (IG) di Indonesia, menyelenggarakan sarasehan dan dialog dengan Kepala BIGdalam rangka silaturaim dan penguatan organisasi di lingkungan BIG.Disadari atau tidak, sesuai namanya BIG yang berarti besar, BIG menggeliat menjadi lembaga yang besar. Banyak pihak tercerahkan akan pentingnya IG untuk setiap proses pembangunan. Kondisi di atas menimbulkan tantangan yang lebih besar juga bagi BIG.

Istilah sarasehan sudah dikenal luas di negeri ini. Kegiatan positif ini diadakan dalam rangka memperkuat hubungan kekeluargaan terutama di lingkungan pekerjaan. Biasanya, acara sarasehan diisi dengan curhatan semua level pegawai kepada pimpinannya maupun sebaliknya. Setiap orang bisa menyampaikan unek-unek yang ingin disampaikan kepada atasan tanpa takut kena hukuman, tentunya dengan tetap menjaga etika sopan santun ketika menyampaikan.

Sarasehan yang diselenggarakan pada Kamis, 4 Juni 2015 di Aula Utama BIG ini diawalioleh Kepala BIG, Priyadi Kardono denganmenjelaskan bahwa sarasehan ini dalam rangka silaturahim dan peningkatan budaya organisasi BIG. Sarasehan ini merupakan kali yang kedua, yang sebelumnyadiselenggarakan tahun lalu oleh Sekretaris Utama BIG, Titik Suparwati sebagai Plt. Kepala BIG pada Senin, 6 Oktober 2014. Dengan adanya sarasehan ini, pimpinan BIG (Kepala, Sekretaris Utama, Deputi IGD, IGT dan IIG) ingin berdiskusi dan menjembatani sehingga ada tukar pendapatdan mempunyai pemahaman yang sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Priyadi Kardono menambahkan bahwa visi misi BIG selama ini hanya sampai struktural saja, nantinya harus sampai ke semua pegawai. Visi misi BIG yang baru sesuai harus sesuai dengan program pemerintah sekarang, yaitu Nawacita. Lebih lanjut, Priyadi menjelaskan tentang capaian-capaian dan rencana-rencana BIG ke depannya. Diantaranya adalah BIG harus menjadi penggerak utama dalam penyelenggara IG.

Dengan dipandu oleh Gatot Haryo Pramono, Kepala Bidang Pemetaan dan Integrasi Tematik LautPPIT, acara sarasehan di BIG berjalan dengan lancar. Di pembukaan sarasehan, Gatot mengingatkan semua pegawai BIG yang hadir dengan nilai BIG yaituINVITAMA: Integritas, Visioner, Tanggungjawab dan Kerja Sama.  Setiap pegawai BIG bertanggungjawab untuk melaksanakan invitama ini sesuai tugas masing-masing setiap pegawai BIG.  Dan jika disuarakan "BIG" oleh moderator, maka semua peserta menyambung dengan "YES-MAJU". 

Banyak ide, masukan maupun kritikan yang disampaikan kepada pimpinan, namun semuanya bersifat membangun. Ibarat pohon, semakin besar dan tinggi suatu pohon, semakin besar pula angin yang menerjang. Oleh karena itu, internal BIG harus solid dahulu, sehingga jika ada badai, pasti segera berlalu dan diatasi dengan baik.  Semoga dengan adanya sarasehan ini, maka BIG semakin maju dengan kompak dan dapat melaksanakan visi dan misinya dengan nyata. (ATM/TR)