Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Raker Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2014

Badan Informasi Geospasial adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Informasi Geospasial. Dalam rangka kelancaran dan kesatuan arah kebijakannya, maka pada awal tahun 2014 BIG menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2014.

Raker yang dilaksanakan pada Kamis, 30 Januari 2014 bertempat di Aula BIG, dibuka oleh Sekretaris Utama BIG, Budhy Andono Soenhadi.  Dijelaskan bahwa raker ini bertujuan sebagai pembekalan dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Tahun 2014.  Selanjutnya Raker dipimpin langsung oleh Kepala Badan Informasi Geospasial, Asep Karsidi.  Dalam raker ini Kepala BIG memberikan arahan bagaimana BIG akan melaksanakan program dan kegiatannya pada tahun 2014. 

Kepala BIG mengingatkan kembali amanah UU-IG kepada BIG yang meliputi (1) menjamin ketersediaan dan akses IG yang dapat dipertanggung-jawabkan; (2) mewujudkan kebergunaan dan keberhasilgunaan IG melalui kerjasama, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi; (3) mendorong penggunaan IG dalam pemerintahan dan kehidupan masyarakat; (4) pembinaan kepada penyelenggara, pelaksana dan pengguna IG; dan (5) feferensi tunggal (single reference) di dalam bidang informasi geospasial. Kesemuanya itu diimplementasikan ke dalam program BIG melalui tugas masing-masing kedeputian yang ada di BIG. Amanah tersebut dikembangkan ke dalam One Map Policy Movement (Gerakan Kebijakan Satu Peta), yang terdiri dari Satu Referensi, Satu Standar, Satu Database dan Satu Geoportal. 

Pengarahan dimulai dari Kedeputian Informasi Geospasial Tematik (IGT), kedeputian ini merupakan Pembina dan Pengintegrasi Informasi Geospasial Tematik.  Tugas-fungsi kedeputian ini bukan sebagai "pembuat" namun sebagai pembina dan integrator IGT. Untuk itu sangat diharapkan pembangunan NSPK yang merupakan produk yang mengikat sebagai kerangka satu standar bagi pembangunan IGT di Indonesia. Kebijakan inilah yang ditunggu oleh sektoral dalam membangun IGT berdasarkan satu metode yang dibakukan oleh BIG.

Kepada Sekretariat Utama, Kepala BIG memberi arahan untuk selalu mendukung semua program dan kegiatan teknis yang dilaksanakan tiga kedeputian di BIG yaitu Kedeputian IGD, Kedeputian IGT dan Kedeputian IIG.  Dalam melaksanakan tugasnya Sekretariat Utama melaksanakan kegiatannya yang bersifat internal di lingkungan BIG dan eksternal BIG.  Dukungan Sekretariat Utama BIG dalam pelaksanaan perencanaan, layanan kepegawaian, layanan hukum dalam pembangunan berbagai produk hukum yang berkaitan dengan penyelenggaraan informasi geospasial serta bagaimana kegiatan internal yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan eksternal BIG.  Arahan juga disampaikan bagaimana BIG lebih terlihat warnanya dalam melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial, maka perlu ditingkatkan berbagai kegiatan untuk mensosialisasikan berbagai capaian BIG sebagai pelaksanaan tanggung jawab BIG kepada publik.

Tugas BIG yang tidak kalah pentingnya adalah Pembangunan Informasi Geospasial Dasar (IGD) sebagai rujukan dalam pembangunan IGT.  Tugas ini dilaksanakan oleh Kedeputian IGD, dimana di dalam pembangunan data dasar dan  peta dasar harus profesional baik kualitas maupun kuantitasnya.  Penyelenggaraan satu peta dalam hal satu referensi, satu standar dan satu database sangat diharapkan oleh K/L, Pemda dan pengguna pada umumnya untuk pembangunan wilayahnya, diantaranya dalam pemetaan Rencana Detil Tata Ruang.

Selanjutnya setelah pembangunan IGD dan IGT selesai dilaksanakan, maka hal yang perlu dilakukan adalah berbagi pakai dan penyebarluasan informasi geospasial kepada pengguna.  Inilah yang menjadi tugas Kedeputian Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG). Bagaimana pengelolaan dan penyebarluasan IG benar-benar dapat dimaknai, sehingga amanah untuk menjamin ketersediaan dan akses IG yang dapat dipertanggung-jawabkan dapat dilaksanakan oleh BIG.  Walaupun infrastruktur fisik sudah dibangun oleh BIG antara lain Data Center dan GSCC (Geospatial Support Command Center), serta kelembagaan dan pengembangan SDM IG, maka kesinambungan dan kelancaran dalam berbagi pakai IG dan aksesnya serta pembangunan SDM IG, tetap harus dipertahankan sehingga Informasi Geospasial benar-benar berhasil guna dan bermanfaat secara luas bagi publik.

Sebagai tindak lanjut Raker BIG ini, maka akan dilaksanakan  raker kedeputian dan kesekretariatan BIG, sehingga secara detil berbagai kebijakan yang mesti dilaksanakan dapat ditindaklanjuti oleh unit eselon II di BIG melalui berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di Tahun 2014.