Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Pameran pada Seminar Nasional Pengelolaan Lingkungan Hidup di Surakarta

Surakarta, Berita Geospasial BIG - Informasi Geospasial telah merasuki berbagai bagian dalam ranah kehidupan, termasuk salah satunya terkait lingkungan hidup. Badan Informasi Geospasial pun secara aktif melakukan penyebarluasan dan pembinaan bagi para stakeholder bidang informasi geospasial, baik dari sisi akademisi, pemerintahan daerah dan pusat, maupun swasta.  Seiring hal tersebut, pada Sabtu, 3 September 2016, Program Pascasarjana Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pemanfaatan Informasi Geospasial untuk Peningkatan Sinergi Pengelolaan Lingkungan Hidup” yang bertempat di The Alana Hotel & Convention Center, Surakarta. 

Hadir pada acara tersebut sekaligus menjadi narasumber utama adalah Kepala BIG, Priyadi Kardono yang memberikan paparan dengan judul “Pemanfaatan Informasi Geospasial untuk Peningkatan Sinergi Pengelolaan Lingkungan Hidup”. Sub-tema dari paparan tersebut adalah pemanfaatan IG  untuk mendukung sistem informasi lingkungan hidup, dengan bahasan terkait peranan BIG dalam penyediaan informasi geospasial (IG); produk-produk BIG; pemanfaatan IG untuk peningkatan sinergi pengelolaan lingkungan hidup; serta Ina-Geoportal sebagai sarana untuk berbagi pakai IG.

BIG selain berperan sebagai narasumber utama, BIG juga melaksanakan pameran sebagai ajang untuk mengenalkan BIG beserta produk-produknya, sekaligus untuk membagikan berbagai macam produk BIG yang akan diserahkan pada acara SemNas S2 PKLH FKIP UNS ini.  Beberapa produk yang dibawa pada pameran BIG kali ini antara lain : Majalah Geospasial Indonesia Edisi 2015-2016; Company Profile BIG; Majalah Sains Indonesia; serta Buku Aplikasi Penginderaan Jauh SIG untuk Pengembangan Wilayah; Buku Atlas Bandara; Buku Atlas Pariwisata; Buku Atlas Curah Hujan; Buku Atlas Bali From Space Edisi II; Buku Panduan Membaca Peta RBI; CD Atlas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah; serta beberapa buku lain yang terkait.

Selain itu, BIG juga membagikan Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) skala 1: 5.000.000 yang dibagikan kepada peserta. Sebagai tambahan dibagikan pula Peta Neraca Air DAS Serayu; Peta Neraca Air DAS Bodri; dan Peta Rawan Banjir Tangerang. Para peserta terlihat antusias ketika mendapatkan buku dan peta tersebut, mengingat banyak diantara peserta merupakan para akademisi bidang IG yang memang membutuhkan materi yang disediakan BIG.

Sebagai pelengkap, pameran BIG juga menyediakan berbagai macam souvenir BIG, seperti : goodie bag BIG; pin BIG; bolpoint BIG; serta gantungan kunci BIG yang berbentuk pulau-pulau besar di Indonesia. Para peserta yang mengunjungi booth stand BIG terlihat senang dan bersemangat. Dari situ para peserta mendapatkan berbagai macam pengetahuan dan souvenir yang bisa dibawa pulang. Semoga melalui kegiatan ini BIG akan semakin dikenal dan IG dapat diaplikasikan dalam berbagai lini kehidupan. (LR/TR)