Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Lomba Disain Maskot Badan Informasi Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Setiap instansi pastilah memiliki logo yang merepresentasikan citra mereka di masyarakat. Logo tersebut tentunya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mengenal sebuah perusahaan atau instansi. Namun, untuk lebih mengenalkan citra suatu instansi tak cukup hanya dengan logo saja. Banyak instansi baik pemerintahan maupun non pemerintahan memiliki maskot yang mewakili instansi tersebut. Masyarakat pun diharapkan akan semakin aware dengan keberadaan instansi tersebut melalui maskot yang ada.

Tidak mau kalah, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai lembaga utama penyelenggara Informasi Geospasial Dasar (IGD) di Indonesia pun ingin memiliki maskotnya sendiri. Hal ini tentu saja dilakukan dalam rangka untuk lebih mengenalkan dan menanamkan makna BIG kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam rangka untuk mencari disain maskot terbaik yang mencerminkan BIG, maka diselenggarakan Lomba Disain Maskot BIG pun diluncurkan. Sejak diumumkan pada Senin, 28 September 2015 yang lalu, perlombaan disain Maskot BIG cukup mencuri perhatian. Perlombaan ini ditujukan untuk umum, mulai dari pegawai BIG, CPNS, bahkan masyarakat umum boleh mengikuti Lomba Disain Maskot BIG ini.

Peserta dibebaskan membuat Disain Maskot BIG sesuai keinginan masing-masing selama disain maskot mencerminkan BIG dan IG, unik, menarik, mudah diingat dan tentu saja bisa diaplikasikan ke berbagai media. Peserta juga diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu disain maskot, berikut beserta lampiran penjelasan disainnya. Semua disain maskot yang dikirimkan harus merupakan karya sendiri dan tidak pernah dilombakan atau dipublikasikan sebelumnya, yang dinyatakan dalam bentuk surat pernyataan. Hal tersebut tentu saja untuk menghindari adanya kesamaan disain maskot dengan instansi atau perusahaan lain.

Hingga batas akhir pengumpulan yang jatuh pada Jumat, 02 Oktober 2015, sebanyak 20 disain maskot telah diterima oleh panitia pelaksana Lomba Disain Maskot BIG. Dari ke-20 disain tersebut dilakukan penyisihan babak pertama oleh panitia pada Sabtu, 03 Oktober 2015 untuk dipilih 10 peserta terbaik yang akan maju ke final dan ditandingkan di acara Penjurian Lomba Disain Maskot Badan Informasi Geospasial yang berlangsung pada Selasa, 06 Oktober 2015, bertempat di Aula Utama BIG sebagai Puncak Acara Lomba Disain Maskot BIG.

Para peserta terpilih diundang untuk menghadiri acara ini dan mempresentasikan maskot mereka di hadapan para juri. Panitia telah memilih 4 juri untuk menilai maskot-maskot yang telah terpilih. Juri yang hadir adalah Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama BIG Wiwin Ambarwulan, Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum BIG F. Wahyutomo, sebagai juri perwakilan dari BIG. Sedangkan 2 juri lainnya merupakan para ahli dan kompeten berasal dari luar BIG, yaitu Riadika Mastra dan Diah Kirana Kresnawati.

Acara Penjurian Lomba Disain Maskot BIG dibuka oleh Sekretaris Utama Titiek Suparwati. Dalam sambutannya Titiek menjelaskan bahwa maskot yang mendapat juara pertama akan terpilih menjadi Maskot BIG dan akan menjadi sebuah pencitraan terhadap BIG. Titiek juga mengungkapkan harapannya terhadap maskot terpilih nantinya. "Harapannya maskot yang terpilih nanti dapat membawa pesan sebagai penyelenggara IG yang ada di Indonesia dan merepresentasikan BIG dan IG. Selain itu bisa menjadi alat komunikasi yang melambangkan image dari BIG itu sendiri", tuturnya.

Setelah sambutan peserta mulai mempresentasikan maskot mereka masing-masing sesuai urutan yang telah ditentukan. Setiap peserta diberi waktu selama 5 menit untuk menjelaskan secara detil tentang maskot mereka, dan 5 menit untuk menjawab pertanyaan dari dewan juri. Acara berlangsung lancar dan peserta dapat menjelaskan tentang maskot mereka serta menjawab pertanyaan dari juri dengan baik. Kurang lebih selama dua jam, seluruh peserta mempresentasikan maskot mereka. Setelah satu jam berlalu, para juri berhasil menentukan juara pertama, kedua, dan ketiga dari 10 maskot yang telah dipresentasikan sebelumnya. Pengumuman pemenang pun segera dilakukan dengan pembawa, Akbar Hiznu M. Hasil perolehan nilai untuk para juara dimulai dari juara ketiga. Dengan perolehan nilai sebanyak 502,21 dimenangkan oleh maskot bernama RUBI. Untuk juara kedua dimenangkan oleh maskot bernama Mr. IGe dengan nilai sebanyak 515,07. Juara pertama jatuh pada maskot bernama Si Azul dengan nilai tertinggi yaitu 522,18.

Pemenang juara pertama mendapatkan hadiah sebesar 4 juta rupiah dan merchandise menarik dari BIG. Sedangkan juara 2 dan 3 masing-masing mendapatkan hadiah sebanyak 2,5 juta dan 1,5 juta beserta merchandise menarik pula. Tidak hanya mendapat hadiah berupa uang dan merchandise, Disain maskot dari juara pertama lomba maskot ini mendapat kehormatan untuk dijadikan maskot resmi BIG. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama antara seluruh peserta, juri, dan panitia. Selamat untuk para pemenang lomba Disain Maskot BIG dan juga seluruh peserta yang telah berpartisipasi.(QA/LR/TR)