Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Khitanan Massal Turut Sambut Hari Ulang Tahun BIG ke-46

 

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Salah satu tradisi Indonesia yang sampai sekarang masih dilestarikan dan dilaksanakan secara turun temurun di Indonesia adalah khitanan. Khitanan biasa dilakukan untuk anak laki-laki yang dirasa telah cukup umur dan telah memasuki masa aqil balik. Khitanan bisa dilakukan secara bersama-sama maupun sendirian. Tergantung dari kesiapan masing-masing keluarga. Untuk meningkatkan kepedulian BIG kepada masyarakat sekitar termasuk pegawai BIG, maka pada Selasa, 13 Oktober 2015, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan khitanan massal.

Acara khitanan massal tersebut diselenggarakan di Kantor BIG dalam rangka untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) BIG yang ke-46 yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2015. Dengan peserta sebanyak 34 orang, khitanan massal dilangsungkan dari pukul 08.00-11.00 WIB. Turut hadir membuka acara khitanan massal adalah Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati. Dalam sambutannya Titiek mengungkapkan harapannya agar ke depannya acara khitanan massal ini dapat lebih ditingkatkan lagi. "Diharapkan nantinya jumlah peserta akan mencapai 50 anak", ungkapnya. Melihat antusiasme para pegawai BIG dan warga sekitar BIG, untuk tahun depan direncanakan khitanan massal akan diadakan lagi.

Peserta khitanan massal bervariasi usianya, mulai dari 3.5 tahun sampai 9 tahun. Untuk kelancaran acara, kegiatan khitanan massal tersebut dibantu oleh 3 orang dokter dan 6 perawat dari Klinik Insani Cibinong yang memang bekerja sama dengan BIG, serta dibantu oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) BIG. Enjang Faridl, Ketua Panitia Khitanan Massal BIG, menyatakan bahwa khitanan massal ini bertujuan untuk memberikan kepedulian kepada para pegawai BIG dan warga sekitar BIG yang anaknya sudah cukup umur untuk di-khitan namun mengalami kendala dalam bidang anggaran. "Dengan menyelenggarakan secara bebarengan, biayanya akan menjadi lebih murah, tidak seberat bila menyelenggarakan sendirian", tandas Faridl.

Dana untuk khitanan massal ini murni dari sumbangan para donatur BIG. Dana tersebut terkumpul cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk memberikan bingkisan kepada para peserta khitanan massal berupa : tas, buku, pakaian, sarung, serta uang saku. Sebelumnya BIG juga pernah mengadakan khitanan massal sekitar 4 tahun yang lalu, pada acara hari ulang tahun Bakosurtanal (sebelum berganti nama menjadi BIG).

Diharapkan acara khitanan massal ini dapat terus dipertahankan baik untuk kegiatan HUT BIG, maupun kegiatan lain. Karena kegiatan sosial ini selain memberikan manfaat bagi para pegawai BIG, juga kepada warga sekitar BIG yang kurang mampu. "Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan tali kekeluargaan antara warga BIG dengan masyarakat sekitar", demikian dinyatakan Faridl. Menilik kegiatan kemarin berjalan dengan lancar dan pendanaan juga terkumpul cukup banyak, serta didukung antusiasme warga BIG dan warga sekitar BIG yang cukup besar, maka penting untuk terus menyelenggarakan kegiatan khitanan massal di kesempatan berikut-berikutnya. (LR/TR)