Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi 2016

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Pada Rabu, 24 Agustus 2016 lalu, Badan Informasi Geospasial menyelenggarakan evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tahun 2016.  Evaluasi dilakukan dengan melakukan survei internal kapasitas organisasi di BIG oleh Tim Evaluator Kementerian PAN dan RB.  Acara yang diselenggarakan di Aula Utama BIG tersebut dengan responden sebanyak 120 responden dari BIG yang terdiri dari Pejabat Eselon II, III, IV, dan perwakilan unit kerja yang dipilih secara acak dan proporsional. 

Dalam acara tersebut dilakukan berbagai evaluasi, yaitu evaluasi akuntabilitas kinerja, evaluasi reformasi birokrasi, dan evaluasi zona integritas. Tujuan dari diadakannya evaluasi ini adalah untuk memetakan perkembangan atau kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), pada instansi pemerintah, unit kerja pelayanan, serta untuk mengetahui tingkat akuntabilitas instansi pemerintah dalam menggunakan anggaran untuk menghasilkan manfaat atau outcome kepada masyarakat. Selain itu, pemerintahan yang efektif dan efisien; pelayanan publik yang baik dan berkualitas; serta pemerintah yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi juga dibahas dalam acara kali ini.

Adapun ruang lingkup evaluasi adalah Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), yaitu implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), penjabaran kinerja dari level lembaga sampai individu, pengumpulan dan pengukuran data kinerja, dan pencapaian kinerja. Bukan hanya AKIP, tetapi RB juga dibahas perkembangan implementasi RB pada lingkup intansi pemerintah, survei integritas organisasi, persepsi anti korupsi, dan persepsi kepuasan pelayanan, dan membahas juga tentang hasil pelaksanaan dari RB itu sendiri.

Prinsip dari evaluasi ini adalah co-evaluation atau partisipatif, dengan mempertimbangkan upaya atau kemajuan yang telah dicapai sampai dengan pembahasan hasil evaluasi dan memberikan saran perbaikan pelaksanaan SAKIP dan RB. Dalam acara ini juga dibahas isu penting yang diungkap dalam evaluasi AKIP. Kesungguhan instansi pemerintah dalam menyusun perencanaan kinerja benar-benar telah berfokus pada hasil, pembangunan sistem pengukuran dan pengumpulan data kinerja, pengungkapan informasi pencapaian kinerja instansi dalam laporan kinerja, monitoring dan evaluasi kinerja pelaksanaan program, khususnya program strategis instansi, keterkaitan diantara seluruh komponen-komponen perencanaan kinerja dengan penganggaran, kebijakan pelaksanaan dan pengendalian serta pelaporannya, capaian kinerja utama dari masing-masing instansi pemerintah dan tingkat akuntabilitas kinerja instansi pemerintah juga dibahas sebagai salah satu isu penting yang perlu diungkap dalam evaluasi AKIP ini.

Selain iyu, evaluasi ini juga membahas tentang minimum requirement pada pemberian kategori hasil evaluasi SAKIP, yang di dalamnya terdapat item, salah satunya adalah : jumlah sampling unit kerja dan presentase unit kerja yang sudah baik implementasi SAKIP-nya. Tidak ketinggalan, dibahas juga minimum requirement pada pemberian kategori hasil evaluasi RB. Dalam hasil evaluasi RB ini juga terdapat beberapa item, salah satunya adalah pemenuhan atas semua yang diwajibkan.

Adapun terkait pencapaian nilai akuntabilitas kinerja BIG tahun 2015 juga turut dibahas dalam evaluasi 2016 ini. Pencapaian indeks RB tahun 2015 BIG juga diperlihatkan kepada para responden. Bahkan survei hasil pelaksanaan RB yang di dalamnya ada beberapa kategori, yaitu : pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi (survei internal integritas organisasi), pemerintahan yang efektif dan efisien (survei eksternal persepsi anti korupsi), dan juga pelayanan publik yang baik dan berkualitas (survei eksternal persepsi kepuasan pelayanan). 

Secara keseluruhan survei disusun bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS).  Survei akan dilaksanakan oleh pihak ketiga dengan supervisi dari BPS. Setelah rangkaian dari survei tersebut telah selesai, diakhir acara para responden diberikan kuisioner untuk diisi. Semoga evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi yang diselenggarakan di BIG bisa berjalan dengan lancar dan membawa kebaikan serta perbaikan bagi BIG ke-depannya. (CP/LR/TR)