Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Selenggarakan Diklat Sistem Informasi Geografis Tingkat Dasar Open Source

Cibinong, Berita Geospasial - Sebanyak 18 (delapan belas) orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sistem Informasi Geografis Tingkat Dasar Open Source yang dimulai pada 24 Juli 2017 sampai 4 Agustus 2017 di Balai Diklat, Badan Informasi Geospasial. Para peserta diklat kali ini memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari kementerian lembaga, pemerintah daerah, LSM sampai siswa sekolah menengah atas. pembukaan kegiatan diklat ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati, Kepala Balai Diklat Geospasial, Dadang Arifin, Kepala Seksi Perpustakaan dan Sarana, Roriana Hanani dan Kepala Seksi Materi dan Kurikulum, Eka Kurniawan.

Dalam pembukaan kegiatan Diklat Geospasial ini, Dadang melaporkan bahwa diklat ini dilaksanakan agar peserta mampu mengoperasikan software informasi geospasial, sehingga nantinya berguna dalam pengembangan wilayah masing-masing. “Untuk sertifikasi akan diadakan tes awal dan tes akhir. Kemudian, sertifikat akan diberikan jika dari persentase kehadiran mencapai 90% (sembilan puluh persen), nilai cukup dari evaluasi dan mengikuti diklat dengan baik.” ujar Dadang.

Titiek Suparwati, Sekretaris Utama BIG, berkesempatan menyampaikan arahan kepada peserta Diklat Geospasial pada acara permbukaan Diklat Geospasial ini. Titiek menyampaikan bahwa pelaksanaan diklat open source ini sangat bermanfaat. “Diklat seperti ini diharapkan peserta diklat ini mampu memanfaatkan informasi geospasial berdasarkan background masing-masing. Ilmu tentang informasi geospasial ini sangat bermanfaat” jelas Titiek. Diklat Geospasial ditujukan untuk mendorong percepatan dalam penyelenggaraan IG karena banyaknya peran informasi geospasial dalam kehidupan sehari-hari. “Selain BIG sendiri, Kementerian dan Lembaga lain juga harus belajar tentang informasi geospasial. Saya ingin lebih banyak lagi dan lebih banyak lagi peserta dari bermacam daerah atau lembaga.” tambah Titiek.

Menurut Titiek, selain pihak-pihak berwenang yang dapat memanfaatkan dan mengembangkan IG, anak-anak juga harus ditambah wawasan geospasialnya terutama pada mata pelajaran Geografi. “Anak-anak masa kini sudah bisa menggunakan Gojek, Google Maps, dan lain lain. Itu kan bagian dari Informasi Geospasial. Nah, untuk itu mereka harus dikasih pelajaran mengenai ini.” tutup Titiek.

Diklat ini besar diharapkan untuk diikuti sebaik-baiknya, dimanfaatkan dengan benar dan dapat dimanfaatkan untuk instansi masing-masing karena BIG sebagai pembina survei dan pemetaan dapat menularkan ilmu ke peserta diklat. 

Berikut peserta Diklat Sistem Informasi Geografis tingkat Dasar Open Source 24 Juli 2017-4 Agustus 2017:

 

No

Nama

Instansi

1.     

Rendra Apryanto

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Kab. Indragiri Hulu

2.     

Husni Halim

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Kantor Wilayah Provinsi Riau

3.     

Dina M Susilawati, S.Si, M.Si

Direktorat Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian

4.     

Bambang Surtianto

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Purworejo

5.     

Purnomo

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Purworejo

6.     

Maulana S. Widi

Bappeda Kabupaten Lampung Utara

7.     

Redho Tiansya, S.STP, M.AP

Bagian Pemerintahan Setda Kab. Lampung Utara

8.     

Welem Labatar

Badan Perencanaan , Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kepulauan Aru

9.     

Muhamat Taufik, ST,MT

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Pati

10.   

Tengku Imam Kobul Moh Yahya S

LSM Sapu Lidi Bekasi

11.   

Muhammad Irkham

LSM Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

12.   

Ridwan Fadly

SMK Adi Sanggoro Bogor

13.   

Tutus Rektono Wahyuningrum

SMK N 1 Sukabumi

14.   

Bambang WR. Adam, ST

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Wilayah Kabupaten Touna

15.   

Prada Eko Yulianto

TA Angru KI A Batalyon Zeni Kompi 13

16.   

Praka Ahmad Choirudin

TA Angru KI A Batalyon Zeni Kompi 13

17.   

Imas Suryani, S.Pd

SMA Negeri 4 Cibinong

18.   

Anna Widiyanti, S.Si, M.Pd

SMA Negeri 1 Sukaraja

(ME/ES)