Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Partisipasi pada PENAS XIV 2014 di Malang

Badan Informasi Geospasial (BIG) adalah satu-satunya lembaga penyelenggara Informasi Geospasial Dasar (IGD), sedangkan dalam pembangunan Informasi Geospasial Tematik (IGT), BIG sebagai pembina serta pengintegrasinya. BIG mendukung pembangunan baik pembangunan pesisir, kelautan, kehutanan maupun pertanian dengan men-support data dan informasi geospasial, terutama data dan informasi geospasial dasar maupun tematik. Dalam rangka promosi dan sosialisasi serta memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan BIG, maka BIG berpartisipasi pada Pameran Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Nasional  (PENAS) XIV oleh KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan Nasional) Tahun 2014.

Pameran yang diselenggarakan oleh KTNA dengan didukung Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Koperasi dan UKM dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Malang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono, Sabtu, 7 Juni 2014 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Malang Jawa Timur.  Pameran akan berlangsung dari tanggal 7 s.d 12 Juni 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Suswono, Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menko Bidang Ekonomi dan Keuangan Chairul Tanjung, sejumlah duta besar negara sahabat. Hadir pula gubernur dan bupati seluruh Indonesia. Pameran Penas XIV KTNA diikuti oleh hampir seluruh Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Kehutanan di seluruh Indonesia. Selain itu, perwakilan petani dari ASEAN dan Jepang juga hadir sebanyak 60 orang.

Pada kegiatan pameran ini, BIG menampilkan produk-produk unggulan diantaranya Peta NKRI, Peta Sebaran Terumbu Karang Indonesia, Peta Mangrove Indonesia, Atlas Nasional Indonesia, Atlas Sumberdaya Kelautan Indonesia, Penilaian Kekayaan Sumberdaya Ikan, Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut, Peta Liputan Lahan, Kawasan Konservasi, Kawasan Lindung, Neraca sumberdaya Lahan, Air, Hutan dan lain-lain, juga ditampilkan Ina-Geoportal serta One Map Policy serta Buku Informasi Diklat Informasi Geospasial. Stand BIG banyak menarik para peserta maupun pengunjung dari kalangan pelajar/ mahasiswa maupun masyarakat umum, yang banyak bertanya mengenai informasi geospasial/peta yang sudah dibuat BIG serta bagaimana meperolehnya baik melalui Ina-Geoportal maupun di BIG sendiri. (YI/TR).