Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG partisipasi pada Pameran Indogreen Environment & Forestry 2016

Hutan yang merupakan paru-paru dunia dan hutan menyimpan berbagai kekayaan baik flora dan fauna serta sumberdaya alam lainnya. Hutan yang Lestari dan lingkungan yang asri dan ramah lingkungan merupakan dambaan bagi setiap negara di dunia ini. Untuk mendukung  kelestarian hutan dan lingkungan demi mewujudkan Kedaulatan Pangan, Air dan Energi terbarukan, BIG sebagai lembaga pembina dan penyedia data dan informasi geospasial turut berpartisipasi dalam mendukung pelestarian hutan dan lingkungan dengan mengikuti  pameran  Indogreen Environment & Forestry 2016.

Pameran yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta tanggal 25 - 29 Mei 2016 ini mengusung tema " Gotong Royong Mewujudkan kelestarian Lingkungan dan Hutan untuk mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan". Pameran ini diikuti oleh peserta dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN Sektor Kehutanan & Perkebunan, Perusahaan Pertambangan, Asosiasi Lingkungan dan Kehutanan, Lembaga Riset Kehutanan, Lingkungan dan Konservasi serta Perguruan Tinggi.

Pada Pameran ini BIG menampilkan infografis tugas dan fungsi BIG dalam mendukung Pelestarian Lingkungan dan Hutan dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan dan Infografis Proses Pemetaan Skala Besar dan serta cakupan Citra Satelit Resolusi Tinggi untuk Pemetaan Skala besar. Selain infografis, BIG juga menampilkan Produk IG berupa Buku, Atlas, Katalog, leaflet serta menampilkan berbagai kegiatan BIG dalam Film atau Video yang diputar pada layar LCD TV serta menampilkan permainan/Games  tentang wilayah propinsi di seluruh Indonesia dalam TV Touch Screen atau Layar Sentuh.

Pada infografis Kedaulatan Pangan, BIG mendukung dengan data dan informasi geospasial berupa data utama pemetaan potensi lahan pertanian termasuk lahan baku sawah. Selain Kedaulatan pangan, BIG juga mendukung untuk Sumberdaya Air dengan menyediakan data dan informasi geospasial Daerah Aliran Sungai (DAS). Untuk dukungan pada Energi, BIG menyediakan data dan informasi geospasial tematik tentang lahan untuk Bahan Bakar Nabati seperti Kelapa, Kelapa Sawit, Kemiri Sunan, Jagung, Tebu, Padi dan Ubi Kayu yang tersebar di 75 Kabupaten. Selain itu menampilkan IGT tentang Biomass baik di wilayah hutan dan non hutan, juga IGT tentang lokasi potensial untuk PLTN serta IGT Moratorium lahan gambut.  Selain itu untuk mendukung percepatan Kebijakan Satu peta BIG juga menyediakan data CSRT untuk pemetaan skala besar pada berbagai wilayah di Indonesia. Data CSRT ini mendukung penyediaan IG skala besar untuk perencanaan wilayah, batas desa serta Sistem informasi desa untuk menunjang nawacita.

Pada Games atau permainan ini sangat menarik perhatian pengunjung baik dari kalangan pelajar, Mahasiswa, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan lain-lain, dimana para pengunjung rela antri untuk bermain atau menebak peta buta wilayah propinsi di Indonesia.