Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG lakukan delineasi di Kabupaten Tojo Una-Una

Badan Informasi Geospasial telah melaksanakan kegiatan delineasi di Walea Besar. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BIG dengan Kabupaten Tojo Una-Una dalam reposisi koordinat batas desa. Kegiatan ini sesuai dengan amanat Menteri dalam Negeri no 45 tahun 2016 tentang penetapan dan penegasan batas desa sehingga di tindaklanjuti dengan pemerintah kabupaten untuk membuatkan peta batas desa. Dan BIG satu-satunya lembaga yang harus membuat peta dasar, berdasarkan UU No 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Peraturan Pres No 9 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan kebijakan 1 peta pada skala 1: 50.000. Yang dijadikan acuan untuk membuat peta: Refrensi, sumber data, basis data, geoportal harus sama dalam kebijakan 1 peta.

Kegiatan temu kerja antar pemerintah daerah dan BIG dilaksanakan karena sebelumnya sudah dilakukan kegiatan penataan sekaligus pemetaan di wilayah kepulauan. Saat tim daerah ke BIG beberapa waktu lalu, BIG sudah memberikan penjelasan tentang hasil dari pemetaan tersebut. Untuk Kab. Touna akan di lakukan di wilayah kepulauan dan nanti di wilayah daratan. Wilayah kepulauan akan di mekarkan menjadi satu kabupaten kepulauan. Pemetaan ini sebagai pendukung Wilayah kepulauan menjadi satu kabupaten yang baru.

Tahun 2017 BIG sudah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Touna dalam mengorthoretifikasi CSRT. Kepulauan Togean CSRT sudah lengkap dan sudah di orthoretifikasi sehingga memenuhi kaedah geometris dan kartografisnya pada skala 1:5.000.

Kegiatan reposisi koordinat batas desa di Kabupaten Tojo Una-Una (delineasi) merupakan inti dari kerja sama antara Badan Informasi Geospasial dengan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una. Kegiatan ini merupakan Reposisi Koordinat Pemetaan Batas Desa / kelurahan di atas peta kerja. Desa yang berbatasan dipertemukan untuk menegaskan dan menyepakati batas wilayahnya yang sudah ada dalam Peraturan Bupati untuk kemudian akan di gambarkan di atas peta kerja atau di digitasi oleh tim BIG. Setelah menentukan dan menyepakati batas wilayah tersebut, desa-desa yang berbatasan mengesahkkan berita acara dengan tanda tangan dan stempel di berita acara serta muka peta kerja.

Pada Tanggal 5 Juli 2018 delineasi dilakukan di Kecamatan Una-Una yang terdiri dari Kelurahan Taningkola, Kelurahan Bambu, Kelurahan Wakai, Kelurahan Una-Una, Kelurahan Tanjung Pude, Kelurahan Lembanya, Kelurahan Cendana, Kelurahan Binanguna, Kelurahan Kavetan, Kelurahan Tanimpo, Kelurahan Luangon. Kecamatan yang berbatasan yaitu Kecamatan Batudaka dan Kecamatan Togean. Kecamatan Batudaka yang terdiri dari Kelurahan Bomba, Kelurahan Molowagu, Kelurahan Malino, Kelurahan Kulingkinari, kelurahan Tumbulawa, Kelurahan Siatu, Kelurahan Kambutu, Kelurahan Lindo, Kelurahan Patoyan. Kecamatan Togean yang terdiri dari Kelurahan Tobil, Kelurahan Kololio, dan Kelurahan Sampobae. Acara delineasi dilakukan pukul 09.00-selesai. Kepala desa yang hadir melakukan proses registrasi, tim administrasi mengingatkan kepada kepala desa, kelengkapan yang sudah harus dibawa saat Delineasi seperti  stempel. Setelah itu Tim Teknis masing-masing memanggil Kepala Desa untuk dilakukan proses delineasi. Proses ini dilakukan dengan memanggil desa yang bersebrangan agar terjadi kesepakatan dimana letak batas administrasi dari antar desa tersebut. Segmen yang dilakukan pelacakan di Kecamatan Una-Una sebanyak 69 segmen yang dibagi kepada 4 tim.

Tanggal 6 Juli 2018, delineasi dilakukan di Kecamatan Togean yang terdiri dari Kelurahan Bungayo, Benteng, Tongkabo, Pulau Enam, Katupat, Awo, Kololio, Urulepe, Lembanato, Lebiti, Tobil, Baulu, Matobiai, Sampobae, Titirií. Kecamatan yang berbatasan yaitu Kecamatan Talatako dan Kecamatan Walea Kepulauan. Kecamatan Talatako yaitu Kelurahan Kalia, Malange, Pautu, Tumotok, Kabalutan, Kadoda. Kecamatan Togean yang terdiri dari Kelurahan Tiga Pulau. Proses yang sama dilakukan pada hari sebelumnya.

Pada tanggal 7 Juli 2018, Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 09:00 tersebut dihadiri oleh para Kepala Desa di Kecamatan Walea Besar yang terdiri dari Kelurahan Biga, Kelurahan Salinggoha, Kelurahan Tingki, Kelurahan Malapo, Kelurahan Pasokan, Kelurahan Kondongan, dan Kelurahan Katogop. Sementara kecamatan yang berbatasan yaitu kecamatan Walea Kepulauan yang terdiri dari kelurahan Tiga Pulau, Popoli, Dolong B, Tutung, Dolong A, Luok, Kolami, Olilan, Loe. (AF/YC)