Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Laksanakan Diseminasi UU IG di Kabupaten Tuban

Tuban, Berita Geospasial - Lebih dari 100 peserta yang terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) Kabupaten Tuban dan warga setempat Desa Kesamben bersama-sama menghadiri Diseminasi Informasi Geospasial yang dipaparkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG). Kegiatan yang bertema “Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Informasi Geospasial Untuk Pembangunan Desa di Kabupaten Tuban” ini diselenggarakan oleh BIG bekerjasama dengan Kepala Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada hari Rabu, 20 September 2017, bertempat di Balai Desa Kesamben, Tuban, Jawa Timur. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Kesamben, Muhamad Taqim.

Setelah sambutan di buka oleh Kepala Desa Kesamben, Muhamad Taqim, kemudian dilanjutkan oleh perwakilan dari BIG oleh Dodi Sukmayadi, beliau menyampaikan bahwa apa itu yang dinamakan “Geospasial”, dimana Geo artinya Kebumian, dan Spasial adalah Keruangan sehingga Geospasial adalah Ruang Kebumian atau paling mudah untuk diingat adalah Peta. Hal itu dilakukan untuk memudahkan warga desa kesamben untuk mengingat apa itu Geospasial sebagaimana yang disampaikan dalam sambutanya.

Sesuai Undang-undang Informasi Geospasial No 4 Tahun 2011 tentang Informasi Gesopasial (IG) yang dimaksud Spasial adalah aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi letak dan posisinya, sedangkan Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukan lokasi, letak dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada dibawah, atau diatas permukaan bumi yang dinyatakan dalam koordinat tertentu.

“IG bertujuan mewujudkan penyelenggaraan IG yang berdaya guna dan berhasil guna melalui kerja sama, koordinasi, integrasi dan singkronisasi dan mampu mendorong pengguna IG dalam penyelenggaraan pemerintah dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat”, tutur Dodi sukmayadi dalam penjelasan IG secara detail kepada warga desa kesamben, Tuban.

BIG telah bekerjasama dengan DPR RI Pusat Komisi VII kabupaten Tuban Yang dipimpin oleh Setya Widya. dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa IG ini sangatlah penting, jadi warga desa kesamben diharakan untuk berpartisipasi dalam memberikan Data Geospasial dalam pembangunan desa Kesamben, karena Desa kesamben adalah salah satu desa yang beruntung telah dikunjungi BIG.

Harapan dari Yuda, selaku ketua Komisi VII, bahwa IG ini harus lebih dikenalkan kepada masyarakat umum, khususnya desa kesamben ini, agar masyarakat lebih modern dan mengenal IG secara digital sehingga memudahkan untuk mengambil informasi kapan saja dan dimanapun berada untuk menunjang dalam pembangunan dan kemajuan desa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari Pusat Tata Ruang dan Atlas (PTRA) BIG yang disampaikan oleh Mulyanto Darmawan, Kepala PTRA BIG. Ia menjelaskan bahwa salah satu tugas BIG adalah melaksanakan penyiapan penyusunan rencana dan program, perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pengintegrasian informasi geospasial tematik, pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan. Dijelaskan pula tentang Pemanfaatan IG untuk Pembangunan Wilayah. “Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan IG Untuk Pembangunan Desa di Kabupaten Tuban, Peran IG dalam perencanaan pembangunan nasional adalah harus menggunakan data statistik dan informasi spasial untuk perencanaan tata ruang dan pengelolaan pertanahan berdasarkan UU SPPN pasal 31. Urgensi implementasi Kebijakan satu peta mutlak segera dilaksanakan sebagai jaminan perencanaan pembangunan”, pungkasnya.

Sebelum acara ditutup, BIG mmberikan cinderamata kepada Kepala Desa Kesamben sebagai salah satu bentuk dimulainya kerja sama dalam pemanfaatan IG di Desa Kesamben. Kemudian acara ditutup dengan doa bersama. Semoga acara ini semakin menyebarkan apa itu IG dan BIG di wilayah Indonesia. (IP/LR)