Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Kenalkan Informasi Geospasial di Kota Badak

Pandeglang, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kembali menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Informasi Geospasial. Kabupaten Pandeglang terpilih menjadi destinasi kali ini. Diseminasi dilaksanakan pada Sabtu, 13 Oktober 2018 di Aula Wisma Panorama Selat Sunda, Pandeglang, Banten.

Diseminasi yang mengusung tema "Layanan Geospasial Prima untuk Tingkatkan Kualitas Bangsa", menghadirkan H. Abdul Halim selaku anggota Komisi VII DPR RI. Acara tersebut juga dihadiri oleh perangkat desa seperti Lurah, perwakilan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Kabupaten Pandeglang, serta mahasiswa-mahasiswi Universitas Mathla'ul Anwar Banten dan Sekolah Tinggi Agama Islam Menes, Banten.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, Wiwin Ambarwulan. Dalam sambutannya, Wiwin menyatakan bahwa keberadaan data Informasi Geospasial (IG) saat ini sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. BIG sebagai lembaga penyelenggara IG terus melakukan tugas dan fungsinya sesuai amanat Undang-Undang IG Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Salah satunya adalah dengan mensosialisasikan IG kepada masyarakat melalui kegiatan diseminasi.

"Jika ada mahasiswa yang membutuhkan data IG untuk keperluan penelitian, bisa mendapatkan data tersebut dengan mengajukan surat permohonan, BIG siap membantu", ujar Wiwin menutup sambutannya.

Abdul Halim selaku anggota Komisi VII DPR RI menyambut baik kegiatan diseminasi ini sebagai sarana mengenalkan IG dan BIG lebih dekat kepada masyarakat. Abdul juga berharap agar kegiatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan para peserta mengenai IG. "Kali ini BIG turun ke daerah-daerah untuk mengenalkan IG, dan ini merupakan kunjungan BIG (dalam rangka diseminasi dengan anggota komisi VII DPR-RI) yang pertama kali ke Pandeglang", ujar Abdul dalam sambutannya.

Dalam diseminasi juga dilakukan paparan materi antara lain Pelayanan Terpadu IG oleh Kepala Balai Layanan Jasa dan Produk Geospasial, Theresia Retno Wulan, serta Pendidikan dan Pelatihan Geospasial oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Geospasial, Sigit Murjati.

Retno menyebutkan bahwa saat ini di BIG sudah ada Pelayanan Terpadu IG yang mempermudah pengguna IG dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, institusi pendidikan dan swasta mendapatkan layanan produk dan jasa geospasial. “Untuk mendapatkan produk IG, tidak perlu lagi jauh-jauh dari Pandeglang datang ke BIG. Sekarang bisa beli lewat email, nanti pembayarannya ditransfer, dan pesanan akan kami kirimkan lewat POS”, ujar Retno.

Seiring dengan berlangsungnya diseminasi, BIG juga mengadakan pameran beberapa poduk BIG seperti peta, buku dan majalah terkait IG. Para peserta diseminasi juga bisa mengabadikan momen kebersamaan melalui photobooth yang telah disediakan. Tak kalah menarik, BIG juga memberikan souvenir berupa peta Rupabumi Indonesia (RBI) wilayah Pandeglang, T-Shirt dan goody-bag kepada para peserta. Selain itu perwakilan BIG juga menyerahkan Peta NKRI serta buku-buku terkait IG kepada Komisi VII DPR RI. (NH/DA)