Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Kembali Selanggarakan Diklat SIG Tingkat Dasar Periode Bulan Mei 2017

Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali menyelengarakan diklat Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar periode 2 Mei 2017 – 12 Mei 2017. Bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Geospasial BIG, acara pembukaaan Diklat SIG dihadiri oleh Sekertaris Utama BIG, Titiek Suparwati, dan Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama (PPPKS) BIG, Wiwin Ambarwulan, beserta Kepala Balai Diklat Geospasial BIG, Dadang Arifin.

Kepala Balai Diklat Geospasial BIG, Dadang Arifin memaparkan laporan panitia penyelenggara Diklat. Dijelaskan bahwa peraturan penyelenggaraan diklat ini berdasarkan dari Undang-Undang RI No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, Perka. BIG No. 4 Tahun 2012 tentang Balai Diklat Geospasial, PP No 64 Tahun 2014 Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada BIG. Adapun tujuan diklat adalah membekali peserta dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknologi tentang SIG dan diharapkan setelah mengikuti diklat ini peserta mampu memahami konsep dasar pemetaan, konsep SIG, dan mampu menyusun dan mengolah basis data serta menyajikan Informasi dalam bentuk peta.

Peserta diklat terdiri dari 25 perserta yang berasal dari SKPD tingkat Provinsi Kabupaten/Kota, yang menarik dari peserta diklat, adalah PT Asmin Bara Bronang, satu-satunya peserta  perusahaan Persero yang mengikuti Diklat ini. Berikut perusahan yang mengikuti Diklat Sistem Informasi Geogarfis Tingkat Dasar:
1.    Pusat Pengendalian Pembangunan Eko Region Kalimantan Kementerian LHK
2.    PT Asmin Bara Bronang
3.    Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Layanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Simeuleu
4.    BPBD Kabupaten Halmahera Selatan
5.    BPBD Seram Barat
6.    Bappeda Kabupaten Tapanuli Selatan
7.    Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan
8.    Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapanuli Selatan
9.    Dinas Perikanan Kabupaten Bulungan
10.    Kelurahan Dondang Kec. Muara Jawa, Kab Kutai Kartanegara
11.    Dinas Pertahanan Kabupaten Labuhanbatu
12.    Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu
13.    Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Kubu Raya
14.    Setda Kota Pontianak
15.    Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Pontianak

Acara berlanjut  dengan sambutan dan arahan yang dibawakan oleh Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati sekaligus membuka diklat SIG Tingkat Dasar, Titiek mengapresiasi kedatangan para peserta yang menyempatkan diri datang ke BIG untuk mempelajari tentang SIG. Titiek mengatakan bahwa didalam melaksanakan pekerjaan baik di pemerintahan maupun swasta, pasti tidak lepas dengan sebuah teknologi baik dipusat maupun didaerah. “Teknologi merupakan komponen terpenting dalam pelaksanaan pekerjaan dibidang apapun dalam mendukung tercapainya sebuah pekerjaan” ujar Titiek. Titiek berharap peserta yang mengikuti diklat ini dapat mengaplikasikan apa yang di dapatkan dalam diklat tersebut kepada teman-teman di daerah masing-masing nantinya.

Dengan resminya Diklat diselenggarakan, peserta berfoto bersama Sekretaris Utama BIG beserta jajaran. Semoga ke depannya semakin banyak para insan lembaga atau daerah yang bersedia memperdalam ilmunya terkait IG dengan jalan mengikuti diklat di BIG. (IP/ME/LR)