Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Janji Peta Tata Ruang Kotamobagu Selesai Tahun Ini

Cibinong, Informasi Geospasial – Penyusunan peta tata ruang Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, ditargetkan selesai tahun ini. Peta tata ruang yang dimaksud adalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebagai acuan pemanfaatan ruang untuk mengatasi masalah perizinan dan pengendalian pemanfaatan ruang.

“Sudah banyak contoh kasus terkait tumpang tindih perizinan, misalnya pada satu lokasi sama ada beberapa izin yang dikeluarkan bupati atau kepala daerah. Hal ini disebabkan belum adanya batas wilayah yang jelas,” kata Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara saat menerima kunjungan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu, Kamis, 27 September 2018.

Ade menjelaskan, saat ini batas wilayah Kotamobagu dengan Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow sudah definitif dan tegas. Hal ini diperkuat dengan diterbitkannya surat rekomendasi Kementerian Dalam Negeri pada April 2018 yang menyatakan luas wilayah Kota Kotamobagu 108 km2.

Agus Suprijanta yang mewakili rombongan DPRD Kotamobagu mengapresiasi BIG yang dinilai telah banyak mendukung pembangunan daerahnya. “Kami sangat menunggu rekomendasi BIG terkait peta tata ruang Kotamobagu,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas Mulyanto Darmawan juga menjelaskan bahwa BIG adalah lembaga penyedia dan pembina Informasi Geospasial (IG). Saat ini, BIG berkoordinasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Salah satu tugas BIG adalah asistensi dan suprvisi atau validasi peta RTRW. BIG mengeluarkan rekomendasi terkait lampiran peta RTRW. Proses penyusunan peta tata ruang mengacu pada Informasi Geospasial Dasar (IGD) yang benar,” terang Darmawan.

Menurut Darmawan, pemerintah daerah harus aktif dalam penyusunan RTRW. Terlebih, hingga kini baru 200 RTRW direkomendasikan ke BIG dari 1.800 RTRW yang ada. (YI/NIN)