Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Gelar Lomba Mewarnai Peta dan Ber-GPS Ria Ramaikan HAKTEKNAS ke-18

Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan kegiatan Lomba Mewarnai Peta untuk anak dan ber-GPS Ria. Kedua kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang peta atau informasi geospasial sejak dini kepada para siswa TK hingga SMP se-Jabodetabek.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan Hakteknas ke-18 yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Pada lomba mewarnai peta, kegiatan ini diikuti oleh siswa lebih dari 70 siswa TK hingga SD kelas III wilayah se-Jabodetabek. Kegiatan ini berlangsung pada 31 Agustus 2013, mulai jam 09.00-12.00 WIB yang digelar di PP-Iptek TMII Jakarta. Setelah selesai mewarnai, sambil menunggu penjurian dilakukan, peserta lomba mewarnai tersebut diberikan permainan (games) mengenai peta yang dikemas oleh Tim BIG. Pemenang Lomba mewarnai jatuh pada Zeva Su'azra Malaika, siswi SD Al-Azhar Kemandoran Jakarta.

Sedangkan acara ber-GPS Ria, diperuntukan untuk siswa tingkat SMP se-Jabodetabek.  Peserta berjumlah 40 Siswa SMP dibagi dalam 4 Kelompok untuk mencari titik koordinat menggunakan GPS. Kegiatan ini berlangsung juga pada 31 Agustus 2013, mulai jam 13.00-17.00 WIB yang digelar di wilayah PP-Iptek TMII Jakarta. Sebelum melaksanakan pencarian titik koordinat dilapangan, peserta dibekali pengetahuan tentang GPS oleh Tim GPS BIG. Lokasi koordinat yang ditentukan paniti Tim GPS Ria tersebut berlokasi di seputar halaman Gedung PP-Iptek.

Harapan dilaksanakannya kedua kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan peta atau informasi geospasial kepada anak-anak sejak usia dini, agar mengenal lingkungan sekitarnya khususnya dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya, sehingga meningkatkan cinta tanah air dengan kecerdasan spasialnya.