Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Gelar Lomba Gambar Peta Untuk Anak Tahun 2018

Yogyakarta, Berita Geospasial - Pada masa modern ini anak-anak perlu disediakan media yang tepat untuk berkomunikasi dan mengekspresikan kemampuan spasialnya dengan berbagai jenis saluran yang ada. Menyalurkannya bisa dilakukan melalui berbagai media, diantaranya berupa peta, dengan hal ini diharapkan kecerdasan spasialnya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peta, serta untuk meningkatkan kecerdasan spasial kepada anak sejak dini, Badan informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan Lomba Gambar “Peta” untuk Anak Tahun 2018. Acara Lomba Gambar ini diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 6 Mei 2018.

Bertempat di Plaza Kantor Pusat Fakultas Teknik (KPFT) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, acara Lomba Gambar dilaksanakan. Tahun ini Lomba Gambar mengambil tema “We Love Map (Kami Cinta Peta)”.  Lomba ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman anak-anak terhadap peta, selain itu juga untuk meningkatkan kecerdasan spasial anak sejak dini. Sebanyak 179 anak mengikuti acara Lomba Gambar. Dimana ada 4 kategori yang dilombakan, yaitu : Kategori A untuk usia dibawah 6 tahun sebanyak 24 peserta, Kategori B untuk usia 6-8 tahun sebanyak 57 peserta, Kategori C untuk usia 9-12 tahun sebanyak 59 peserta, dan Kategori D untuk usia 13-15 tahun sebanyak 39 orang peserta.

Sebelum pelaksanaan lomba, Sugeng Prijadi, Inspektur BIG yang hadir memberikan beberapa patah kata bagi para peserta. Dijelaskan bahwa total hadiah yang diperebutkan dalam lomba ini mencapai 55 juta rupiah, yang terdiri atas uang pembinaan, sertifikat, plakat, serta souvenir menarik berupa peralatan sekolah dan buku geospasial. Untuk pelaksanaan lomba sendiri berlangsung selama 2 jam, mulai dari pukul 09.00-11.00 WIB. “Peserta menggambar secara mandiri dan langsung atau on-site, pada jatah waktu pelaksanaan lomba. Peserta tidak diperkenankan dibantu oleh orang tua atau pendamping peserta dalam bentuk apapun. Dewan Juri adalah pihak yang kompeten dalam melakukan penilaian, hasil dari keputusan dewan juri adalah bersifat permanen, dan tidak dapat diganggu gugat”, tuturnya.

Adapun Dewan Juri pada pelaksanaan Lomba Gambar ini adalah Diah Kirana Kresnawati dari Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan; F. Wahyutomo, Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum BIG; E. Pradipta, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik UGM; serta Gondang Riyadi dari Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik UGM. Untuk kegiatan Lomba Gambar Peta Tahun 2018 ini diselenggarakan oleh BIG bekerja sama dengan Departemen Teknik Geodesi UGM, Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) dan KMTG (Keluarga Mahasiswa Teknik Geodesi).

Teknis pelaksanaan lomba sebagai berikut : setiap peserta lomba membuat gambar di tempat kegiatan berlangsung; proses menggambar dilakukan oleh peserta selama 2 jam; panitia menyediakan kertas gambar dan tempat yang disesuaikan dengan nomor urut pendaftaraan pada saat registrasi; perlengkapan menggambar disediakan oleh masing-masing peserta; penilaian gambar dilakukan oleh Tim Juri Lomba Gambar Peta untuk Anak 2018; pengumuman pemenang lomba gambar dilakukan oleh Tim Juri pada hari pelaksanaan, selambat-lambatnya 2 jam usai perlombaan.

Para peserta yang telah hadir kemudian menempati posisi lomba sesuai kategorinya masing-masing di tempat yang telah disediakan panitia. Setelah lomba, peserta kemudian beristirahat sambil menunggu pengumuman pemenang lomba. Selama proses penjurian berlangsung, peserta juga diberikan edukasi dan hiburan dari panitia. Berupa sosialisasi terkait Informasi Geospasial (IG), yang dibawakan oleh Sugeng Prijadi, Inspektur BIG. Sugeng memberikan penjelasan tentang apa itu peta serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Selama kurang lebih 15 menit Sugeng memaparkan tentang peta secara sederhana bagi para peserta lomba.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan kuis-kuis dari panitia, bagi peserta yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan souvenir menarik. Acara hiburan lain yang telah disediakan adalah story telling, yang dibawakan oleh Kak Mansur. Peserta yang masih anak-anak berkumpul di dekat panggung untuk mendengarkan cerita dari Kak Mansur. Tak ketinggalan juga ada games berupa puzzle peta. BIG juga menyediakan stand photobooth yang dapat digunakan oleh peserta Lomba Gambar berfoto bersama orang tua mereka maupun teman-teman lain secara gratis. (LR/DA)