Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG dan Kompas Selenggarakan Pelatihan Penulisan Ilmiah Populer

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”, demikian diungkapkan Pramoedya Ananta Toer tentang pentingnya menulis. Mengingat pentingnya hal tersebut, Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) menyelenggarakan Kelas Penulisan Ilmiah Populer Berbasis Data pada tanggal 17-18 September 2018.

Kegiatan pelatihan tersebut terselenggara berkat kerja sama antara BIG dengan Kompas Institute. Pelatihan menulis ini dilaksanakan mengingat menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Melalui tulisan, seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuannya. Dengan menulis dapat dihasilkan ide-ide baru dan menambah wawasan seseorang. Maka dari itu pelatihan menulis ini diselenggarakan. Adapun pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan BIG.

Hadir sekaligus membuka acara pelatihan tersebut, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPKS) BIG, Wiwin Ambarwulan. Dalam sambutannya Wiwin mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangatlah bermanfaat, terutama untuk para peneliti dan humas sehingga nantinya bisa menghasilkan karya tulis ilmiah populer yang menarik untuk dibaca dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

"Saya berharap teman-teman BIG bisa mengikuti pelatihan ini dengan tekun. Targetnya diharapkan minimal ada satu karya tulis ilmiah populer dari teman-teman BIG yang bisa publish di Opini Kompas", ucap Wiwin menutup sambutannya.

Kegiatan pelatihan penulisan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah pengenalan penulisan, peserta mendapatkan materi seperti : Jurnalisme Presisi dan Metodologi, Sistematika Tulisan dan Menyusun Paragraf serta Kalimat Efektif, Pilihan Diksi dan Pemaknaan. Sedangkan bagian kedua adalah Menulis Berbasis Data Geospasial, terdiri dari materi seperti : Menulis Populer Berbasis Data Geospasial dan Dasar-Dasar Penulisan Opini di Media Cetak. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik. Selain itu, peserta juga diberikan tugas individu dan kelompok.

Di akhir acara, para peserta yang mengikuti pelatihan mendapatkan sertifikat dan free access Kompas.id selama tiga bulan. Kompas.id merupakan portal berbayar dari harian Kompas yang menyajikan informasi berkualitas dan layanan belanja daring. Melalui Kompas.id dapat diperoleh berita yang ada di harian Kompas cerak dan sejumlah fitur berita tambahan yang dilengkapi dengan teknologi multimedia.

Semoga melalui pelatihan ini kemampuan menulis para ASN dan Non ASN di BIG dapat semakin meningkat. Sehingga ke depannya semakin banyak karya tulis BIG yang dipublikasikan secara luas di Indonesia. Apalagi tulisan ilmiah popular terkait geospasial harus semakin ditingkatkan, supaya BIG dan manfaat Informasi Geospasial semakin dikenal luas. (NH/LR)