Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Adakan Rapat Koordinasi Tim Pembakuan Nama Rupabumi

Cibinong - Berita Geospasial, Toponim atau yang dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang asal asul nama tempat-tempat di bumi, merupakan salah satu tugas teknis utama dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Toponomi suatu objek mengenai permukaan bumi sangatlah penting terutama dalam suatu informasi geospasial.

Penamaan rupabumi di Indonesia sudah dilakukan sejak lama, seiring perkembangan nama rupabumi di tanah air dilakukan karena perubahan lingkungan, posisi kenampakan objek di bumi maupun teknologi yang terus maju dan kegunaan / fungsi objek tersebut

Untuk Itu bertempat di Aula Utama BIG Cibinong, BIG Mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim pembakuan Nama Rupabumi, bersama dengan beberapa kementerian / lembaga terkait pada selasa (17/07). Tujuan dari rapat koordinasi ini ialah melakukan indetifikasi, klasifikasi dan standar dari penamaan suatu rupabumi. Pembakuan Nama Rupabumi ini penting untuk mewujudkan tertib administrasi di bidang pembakuan Nama Rupabumi, menjamin tertib administrasi wilayah dalam kerangka NKRI, mewujudkan Gasetir Nasional serta mewujudkan data dan informasi yang akurat mengenai rupabumi di seluruh Indonesia.

Penamaan rupa bumi bai kalam maupun buatan seperti jalan, sungai, hutan, ataupun objek lainnya, perlu dilakukan secara teliti dan seksama agar hasil dari penamaan tersebut tidak berbeda ataupun berubah sehingga nantinya akan ada data geospasial (ruang kebumian) yang sama satu refrensi (one refrence). (/AR/YDI)