Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Berpuasa Salah Satu Kunci Ketaqwaan Pada Allah SWT

BIG, Berita Ramadhan – Cibinong 31 Mei 2017. BIG mengadakan rangkaian acara keagamaan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan di tahun ini. Salah satunya Kultum Ramadhan yang dilaksanakan sekali dalam seminggu setiap hari Rabu. Kultum Ramadhan I diadakan pada hari Rabu tanggal 31 Mei 2017. Ustadz H. E. Farid, MM sebagai penceramah, menyampaikan materi tentang “Pengertian Kewajiban dan Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan”.

Ustadz H. E. Farid menjelaskan bahwa puasa berarti menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Namun, berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga tapi juga menahan godaan (nafsu) syaitan yang lainnya. Menahan amarah, keinginan untuk ghibah, dan melakukan maksiat yang lainnya.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya karena di bulan ini umat Muslim bisa mendapatkan banyak berkah. Selain itu berpuasa merupakan salah satu dari Rukun Islam. Maka dari itu sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah:183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. Dari Firman tersebut sudah sangat jelas bahwa puasa diwajibkan bagi umat Islam untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Bisa ditarik kesimpulan apabila seorang yang mengakui diri sebagai umat muslim namun meninggalkan puasa, maka orang tersebut termasuk kaum kufur.

Perlu diketahui bahwa berpuasa di bulan suci Ramadhan bukan hanya dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, namun ada juga manfaat yang bisa diperoleh yakni mendapatkan pahala berlimpah, melatih kesabaran, pengendalian diri, kejujuran, dan menyehatkan bagi tubuh manusia. “Maka dari itu tidaklah merugi bagi umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah ini” tambah Ustadz Farid. (KR/ME)