Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Berkarya Sampai Usia 65 Tahun

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Tahun ini di BIG mempunyai Pejabat Fungsional Peneliti yang berkarya hingga 65 tahun.  Adalah Sumartoyo yang lahir di Yogyakarta, 7 Oktober 1949, yang mulai mengabdi sejak 1 Januari 1977 saat masih berkantor di Wahidin Jakarta Selatan. Ini berarti bahwa 34 tahun sudah Sumartoyo mengabdi untuk negeri dengan bekerja di Bakosurtanal dan BIG dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) Bakosurtanal 370000079.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dijelaskan bahwa Batas Usia Pensiun (BUP) adalah  58 (lima puluh delapan) tahun bagi Pejabat Administrasi, 60 (enam puluh) tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi Pejabat Fungsional. Bagi pejabat fungsional peneliti BUP mencapai 65 tahun.  Sumartoyo merupakan pejabat fungsional peneliti yang berkarya hingga 65 tahun.  Disamping dia, para pendahulunya pun juga mencapai usia 65 tahun diantaranya Siti Imami, Suryono dan Sumardiyono.

Sumartoyo pada Selasa, 7 Oktober 2014, menginjak usia 65 tahun. Selama berkarier di BIG, Sumartoyo telah ikut serta dalam berbagai kegiatan survei dan pemetaan, diantaranya adalah pemetaan geomorfologi  dan penyusunan neraca sumberdaya alam, yang hingga sekarang hasilnya masih dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Padahal pemetaan geomorfologi dilakukan mulai tahun 1983-an dan penyusunan neraca sumberdaya alam pada tahun 1989-an.

Sumartoyo merupakan lulusan S1 Geografi Fisik Jurusan Geomorfologi dan Sumberdaya Lahan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam wawancara singkat, Sumartoyo mengutarakan kesannya selama kerja di BIG. Disampaikan bahwa Sumartoyo bisa berkarya dan menuangkan isi hati dan pikiran melalui penelitian. Beliau berharap agar penelitian di BIG berjalan terus dan meningkat. Sumartoyo berpamitan kepada sejumlah pegawai BIG, bahwa mulai bulan depan, beliau sudah memasuki masa purna bhakti.

Ada satu hal yang menarik dari Sumartoyo, meski usianya sudah memasuki 65 tahun, rambutnya belum ada yang berwarna putih/uban. Disampaikan bahwa bekerja di Bidang Penelitian BIG itu tidak pernah stress. Terima kasih Pak Sumartoyo atas dedikasi dan kontribusinya selama ini. Semoga semangat bekerjanya, menginspirasi dan memotivasi generasi berikutnya untuk terus berkarya. (ATM/TR).