Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Sultan Hamengkubuwono X Restui `The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019`

Yogyakarta, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) tahun ini akan merayakan ulang tahun emasnya. Berbagai kegiatan menraik telah disiapkan untuk memeriahkan ulang tahun ke-50 BIG, sekaligus mensosialisasikan Informasi Geospasial (IG). Salah satunya adalah `The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019`, yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Hari Informasi Geospasial (HIG).

The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019 adalah lomba lari dengan pilihan jarak 6K, 10K, dan HM (half marathon atau sejauh 21km). Acara yang akan digelar pada 6 Oktober 2019 ini sekaligus untuk memperkenalkan kawasan Gumuk Pasir yang ada di Kretek, Parangtritis, Kabupaten Bantul.

“Rutenya melalui mana saja, masih akan kami cek. Yang pasti, rute akan melalui Gumuk Pasir, pantai-pantai, jalan raya, maupun jalan-jalan kampung. Intinya, kami akan menghadirkan suasana tradisional Bantul selama acara berlangsung,” kata Kepala BIG Hasnuddin Zainal Abidin saat meminta izin sekaligus masukan penyelenggaraan The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019 kepada Gubernur DIY di Gedong Wilis, Komplek Kepatihan Kegubernuran Yogyakarta, Senin, 22 April 2019.

Menurut Hasan, keberadaan Gumuk Pasir di wilayah DIY menjadi alasan BIG memilih Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan lomba lari. Sebab, Gumuk Pasir di Pantai Parangtritis menjadi satu-satunya lokasi berpasir yang membentuk bukit-bukit kecil di Indonesia.

“Jarang juga kan ada acara lari yang melewati Gumuk Pasir. Bagi kami, ini bisa menjadi hal yang menarik. Apalagi BIG memiliki Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) yang dekat dengan lokasi Gumuk Pasir,” terang Hasan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019. Ia juga berpesan, agar IG dalam kegiatan ini lebih ditonjolkan, sehingga peserta dan masyarakat bisa mendapatkan informasi bermanfaat.


“Ke depan, kawasan Gumuk Pasir harus dikelola secara terintegrasi dengan tidak lagi membeda-bedakan kawasan satu dan yang lainnya dengan istilah zona inti dan bukan, tetapi merupakan satu kawasan terpadu,” tambah Sultan.

The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019 diharapkan dapat memberikan pengalaman menarik kepada peserta akan keunikan Gumuk Pasir dengan menyuguhkan kombinasi track lari di atas gumuk pasir, lahan sawah, pantai, budaya setempat, dan tentu saja kuliner.

Kunjungan Kepala BIG ke Keraton Yogyakarta didampingi Sekretaris Utama BIG Muhtadi Ganda Sutrisna, Kepala Biro Umum dan Keuangan BIG Ali Nor Hidayat, serta Widyaiswara Utama BIG Sugeng Prijadi. Selepas audiensi dengan Gubernur DIY, tim BIG melanjutkan kunjungan ke PGSP untuk penelusuran rute The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019.

 

Sampai bertemu di gelaran The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019….. (DA/NIN)