Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Semangat Pahlawan di Dadaku

Cibinong, Berita Geospasial – Tujuh puluh tiga tahun sudah indonesia merdeka dari penjajahan bangsa lain, Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang pertempuran di surabaya yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta Secara serentak dilakukan para pegawai Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mengenai jasa para pahlawan Senin (12/11).

Dalam kegiatan upacara peringatan hari pahlawan tahun 2018 ini Sekretaris Utama BIG Ir Muhtadi Ganda Sutrisna ME menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan ini bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya prosesi namun subtansi yang harus dapat memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai – nilai kepahlawanan di kehidupan sehari – hari.

“Tema hari pahlawan tahun ini adalah semangat pahlawan di dadaku, itu mengandung arti bahwa dalam setiap diri insan manusia tertanam nilai – nilai kepahlawanan” ujar Ganda dalam amanatnya.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya, saat ini bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin berkarakter dan menguasai ilmu pengetahuan, negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global mampu memanfaatkan pekembangan teknologi yang saat ini sudah memasuki revolusi teknologi industri 4.0.

Peringatan hari pahlawan juga menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai – nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan untuk terus membangun bangsa ke arah yang lebih baik lagi. (/AR).