Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Presiden Jokowi: Korpri Pengikat Persaudaraan dan Persatuan

Jakarta, Berita Geospasial – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tepat berusia 47 tahun pada Kamis, 29 November 2018. Presiden Joko Widodo pun mengucapkan terima kasih kepada Korpri dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah berkontribusi besar pada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Atas peran-peran besar tersebut, atas nama seluruh rakyat lndonesia saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Jokowi saat menjadi inspektur upacara HUT ke-47 Korpri di Istora Senayan, Jakarta.

Menurut Jokowi, pencapaian Bangsa Indonesia saat ini tidak lepas dari peran ASN di berbagai sektor, semua level pemerintahan, dan di seluruh wilayah di Indonesia. Presiden juga mengapresiasi kinerja ASN yang bertugas di daerah terpencil dan pulau-pulau terluar.

"Apresiasi sebesar-besarnya dari kami untuk para ASN yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi," ucap Jokowi.

Jokowi berpesan, agar seluruh ASN senantiasa memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Terlebih saat ini telah memasuki Revolusi Industri 4.0 yang disebutnya telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia.

“Perkembangan teknologi informasi, terutama perkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Tidak hanya itu, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN. Dengan begitu, mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas," imbuh Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakhruloh menagih hadiah dari Presiden Jokowi untuk HUT ke-47 Korpri. "Kami menunggu hadiah dari bapak. Salah satu hadiah yang sudah dinanti-nantikan oleh ASN di seluruh Indonesia adalah peraturan pemerintah tentang organisasi Korpri," kata dia yang disambut tepuk tangan ribuan ASN yang mengikuti upacara.

Menurut Zudan, saat ini peraturan itu sedang dalam proses finalisasi. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ini berharap, Jokowi segera menandatangani aturan itu apabila drafnya sudah rampung.

"Kami, Korpri, akan terbang lebih tinggi, berlari lebih cepat, dan akan melompat lebih jauh lagi jika peraturan ini telah disahkan," kata Zudan.

Di akhir kata, Zudan juga meminta maaf apabila masih banyak ASN yang bekerja belum sesuai dengan harapan. Ia memastikan Korpri akan terus melakukan perbaikan.

"Saya memohon maaf banyak ASN yang belum bisa memenuhi harapan masyarakat. Kami ingin berbenah, kami ingin bekerja lebih baik, kami ingin menyempurnakan diri," pungkas Zudan. (NIN/DA)