Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Peluncuran Situs Web Badan Informasi Geospasial dan Jaringan Dokumentasi dan Jaringan Hukum Badan Informasi Geospasial (JDIH)

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan salah satu media layanan publiknya berupa situs web, yaitu : situs web resmi BIG yang beralamat di www.big.go.id beserta situs web Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) BIG yang beralamat di jdih.big.go.id. Acara dilaksanakan di Cibinong City XXI, Cibinong City Mall Lantai 2, Jalan Tegar Beriman Nomor 1, Cibinong, Bogor, pada hari Jumat, 30 November 2018.

Dalam sambutannya, Muhtadi Ganda Sutrisna, Sekretaris Utama BIG menyebutkan bahwa BIG adalah transformasi dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), hadir paska lahirnya Undang-Undang No. 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG). Berbagai perubahan terjadi paska transformasi tersebut, diantaranya adalah layanan publik yang dipastikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu layanan publik yang utama bagi lembaga ini atau bahkan K/L lainnya adalah situs web, yang menjadi muka utama dari sebuah lembaga di mata masyarakat.

“Begitu pula dengan BIG, situs web lembaga ini hadir jauh sebelum adanya transformasi lembaga ini di tahun 2011, situs web dengan alamat waktu itu di www.bakosurtanal.go.id telah hadir menghiasi jagat internet Indonesia sekitar akhir tahun 1990, dan telah menyajikan situs berbasis geospasial sejak saat itu”, jelas Ganda.

Ganda juga menyatakan, “Hari ini kami dengan bangga akan mengumumkan bahwa halaman muka dan layanan dari lembaga kami ini beserta layanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum BIG akan mengalami perubahan, perubahan yang didedikasikan untuk masyarakat umum guna kemudahan dalam mendapatkan informasi terkait dengan informasi geospasial. Kami harapkan hal ini bisa menjadi manfaat bagi semua pihak yang memanfaatkan IG secara langsung ataupun tidak, guna sebesar-besarnya mensejahterakan rakyat dan bangsa yang kita cintai ini Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Pada kesempatan itu hadir pula Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selamatta Sembiring. Ia menyampaikan apresiasinya kepada BIG karena telah meluncurkan situs web dan JDIH BIG secara terbuka kepada masyarakat. Dengan ada pembaruan dan peningkatan yang baru di situs web BIG, tentu akan meningkatkan citra dan kinerja BIG ke depannya. "Menuju pola komunikasi di era revolusi industry 4.0 adalah machine to machine, sehingga kemajuan jaman akan terus berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu butuh kesiapan mental dan keterampilan dari sumberdaya manusia itu sendiri untuk terus menyesuaikan diri, sehingga dapat mengelola mesin dan teknologinya dengan baik", ungkapnya.

Selain itu, turut hadir Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional, Yasmon. Yasmon juga turut mengapresiasi BIG atas kegiatan peluncuran situs web dan JDIH yang dilaksanakan pada hari ini. "JDIH ini sangat penting karena diharapkan dapat membuat database nasional untuk dokumentasi dan informasi hukum Indonesia", jelasnya. Harapannya dengan peluncuran ini akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendokumentasian dan informasi hukum di Indonesia.

Sebelum kegiatan launching, diberikan sedikit penjelasan terkait situs web yang diluncurkan. Diawali dengan paparan dari Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG, Sri Lestari Munajati. Dipaparkan bahwa melalui situs utama BIG, masyarakat dapat mencari tahu berbagai informasi mengenai tugas dan fungsi BIG, perkembangan di bidang IG, layanan produk dan kerjasama, dan berita kegiatan kelembagaan. Pengunjung dapat memantau dan memanfaatkan layanan IG meliputi aplikasi pasang surut, aplikasi CORS, aplikasi SRGI, Ina-Geoportal, tata ruang dan sebagainya.

Kini terdapat kolom pengajuan kunjungan untuk memudahkan setiap sekolah, universtitas, instansi, maupun swasta yang ingin mengenal lebih jauh wajah Indonesia lewat pemetaan yang BIG kerjakan. Selain itu, terdapat ikon Government Public Relation (GPR) sebagai bentuk dukungan BIG terhadap berbagai kegiatan kehumasan yang dilaksanakan pemerintah.

“Keunggulan dari situs web BIG yang baru ini adalah Responsive, User-friendly, Visit Submissions Online, GPR dan Integrasi Medsos 24 Jam”, tandas Lestari.

Tak ketinggalan, setelahnya dilaksanakan pula penjelasan terkait situs JDIH BIG yang baru oleh Kepala Bagian Hukum, Ida Suryani. Diungkapkan bahwa JDIH BIG merupakan sarana publikasi seluruh dokumen dan informasi hukum yang ada di BIG. Jaringan dokumen tersebut memuat seluruh kategori produk hukum BIG yang secara umum terdiri atas dua produk hukum besar, yaitu peraturan perundang-undangan dan naskah dinas.

Dijelaskan bahwa JDIH BIG sudah terintegrasi dengan jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional sehingga akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumentasi dan informasi hukum di BIG. Dengan kata lain, dengan mengakses JDIH BIG, pengguna dapat masuk ke dalam jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional atau pun sebaliknya.

Selain telah terintegrasi dengan jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional, JDIH BIG juga telah terintegrasi dengan sistem single sign on sehingga seluruh pegawai BIG dapat mengakses seluruh doumen hukum, bahkan informasi yang dikecualikan. JDIH BIG juga telah dilengkapi dengan status terakhir dokumen hukum, seperti telah diubah atau telah dicabut, sehingga tingkat akurasi penggunaan dokumen hukum semakin tinggi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan proses launching yang dilaksanakan oleh Muhtadi Ganda Sutrisna, Sekretaris Utama BIG; Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selamatta Sembiring; serta Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional, Yasmon secara bersama-sama. Pembaruan kedua situs web tersebut merupakan bukti keseriusan BIG dalam meningkatkan mutu layanan informasi publik dalam penyelenggaraan informasi geospasial. Semoga situs web yang baru ini dapat meningkatkan kinerja BIG ke depannya pula, seiring dengan peningkatan kompetensi SDM agar tidak tergerus jaman. (AN/LR)