Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pelantikan Sekretaris Utama dan Kepala Biro PKH BIG

Cibinong, Berita Geopsasial – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidin melantik Muhtadi Ganda Sutrisna sebagai Sekretaris Utama BIG. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan pada Senin, 1 Oktober 2018.

Pada kesempatan tersebut, juga dilantik Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum BIG Ibnu Sofian. Pelantikan ini merupakan bagian dari penataan kelembagaan dan alih tugas serta penyegaran dalam suatu sistem penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan.

“Pengangkatan jabatan ini telah melalui proses seleksi secara terbuka yang dilakukan panitia seleksi terbuka berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” kata Hasan dalam sambutannya pada Senin, 1 Oktober 2018.

Hasan berpesan, pejabat yang baru dilantik dapat mengamalkan prinsip kerja 5 As (kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja mawas). Selain itu, juga diharapkan dapat lebih sensitif dan responsif terhadap tantangan baru yang timbul di dalam maupun luar organisasi.

“Kita tahu bahwa tugas pokok Sekretaris Utama yaitu mengkoordinasikan perencanaan, pembinaan, dan pengendalian program, administrasi, dan sumber daya di lingkungan BIG. Sedangkan, tugas pokok Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian, dan Hukum lebih pada koordinasi perencanaan, penyusunan rencana program dan anggaran, evaluasi dan penyusunan pelaporan, pelayanan administrasi dan pengembangan kepegawaian, organisasi dan tata laksana, penyusunan peraturan perundang-undangan dan bantuan hukum, serta pengoordinasian jabatan fungsional,” jabarnya.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, lanjut Hasan, para pejabat diharapkan mampu melakukan terobosan melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk kepentingan organisasi dan mempunyai wawasan jauh ke depan (futuristik) dan melihat sesuatu persoalan dalam kaitannya dengan variable-variabel lainnya. Tidak hanya itu, sebagai pimpinan kita juga harus mempunyai kemampuan mengkombinasikan berbagai sumber menjadi sinergis dan memiliki produktivitas tinggi.

 “Saya ucapkan selamat menempati jabatan baru. Saya yakin dan percaya, saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya” pungkas Hasan. (MS/NIN/TR)