Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Menteri PPN: Koordinasi Antar Instansi untuk Mempercepat Implementasi KSP Sangat Dibutuhkan

(Jakarta, Berita Geospasial) - Rabu 27 Maret 2019, BIG kembali mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)Informasi Geospasial (IG) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Perhelatan akbar di bidang IG ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kementerian/ lembaga (K/L) yang terkait dengan IG serta sejumlah pejabat pemerintah daerah tingkat I dan II dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Di hadapan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro Kepala BIG, Prof. Hasanuddin Z. Abidin pada acara itu melaporkan bahwa Rakornas IG 2019 ini adalah menyusun rumusan kebijakan nasional bidang IG sebagai masukan RPJMN bidang IG tahun 2020-2024.

“Rakornas IG ini diselenggarakan dalam rangka menyusun rencana aksi penyelenggaraan IG nasional  yang merupakan masukkan dari K/L ke BIG, dan rangkaian program tersebut akan disinkronkan dan diintegrasikan sehingga menghasilkan penyelenggaran IG yang efektif dan sesuai peraturan perundang-undangan”, ungkapnya.

Sementara itu, Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam keynote speech-nya menyebutkan bahwa koordinasi antar instansi untuk mempercepat implementasi kebijakan satu peta  (KSP) sekaligus kebijakan satu data sangat dibutuhkan. untuk mempercepat implementasi KSP tersebut.

“BIG tidak bisa berjalan sendiri. Koordinasi antar instansi sangat dibutuhkan. Koordinasi tersebut penting karena selama ini banyak instansi yang sesungguhnya telah memiliki IG yang beragam. Jika tidak ada koordinasi, maka IG yang ada tentu bisa saling tumpang tindih, pungkasnya. (ATM)