Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

KPRI BIG Menyelenggarakan Rencana Kerja dan RAPBK 2018

Cibinong, Berita Geospasial - Bertempat di Aula Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Senin, 15 Januari  2018, pengurus dan anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bakosurtanal/BIG menyelenggarakan Rapat Anggota tentang Rencana Kerja dan Rencana Anggaran  Pendapatan dan Belanja Koperasi (RK-RAPBK) tahun 2018. Rapat dibuka resmi Kepala BIG, Hasanudin Z . Abidin, pada sambutannya Hasanudin mengatakan, Koperasi yang berkembang saat ini di Indonesia tidak terlepas dari  gagasan Bung Hatta yang berjuang untuk kesejahteraan rakyat dengan prinsip azas kekeluargaan.

Kepala BIG memberikan contoh bahwa di negara Jepang juga ada semacam koperasi atau Coop yang berkembang pesat dengan berbagai unit usaha seperti  Kantin Universitas, Hotel atau penginapan. Kepala BIG juga menyarankan agar unit usaha koperasi seperti Geomart melayani dengan cara online. KPRI Bakosurtanal/BIG adalah Badan Hukum tersendiri walaupun anggotanya adalah pegawai BIG, untuk itu Koperasi Bakosurtanal harus lebih professional. Untuk usaha koperasi Syariah, Kepala BIG menyarankan untuk dikaji lebih mendalam. karena anggota koperasi BIG selain muslim juga ada non muslim. Selanjutnya Hasanudin mengatakan agar KPRI Bakosurtanal/BIG agar berkembang pesat dan lebih maju lagi.

Sebelumnya Ketua KPRI Bakosurtanal/BIG, Suprajaka, menyampaikan laporan kegiatan KPRI Bakosurtanal/BIG. Suprajaka mengatakan kegiatan KPRI Bakosurtanal/BIG akan dievaluasi dan disempurnakan. Kegiatan KPRI ini adalah pembahasan rencana kerja kedepan di tahun 2018 ini. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan Rapat anggota yang dipimpin oleh Ketua KPRI Bakosurtanal/BIG yang didampingi para pengurus dan pengawas KPRI Bakosurtanal/BIG. Rencana Kerja KPRI Bakosurtanal/BIG 2018 diantaranya pada Bidang Organisasi, agar mengupayakan agar seluruh PNS BIG untuk menjadi Koperasi, mengoptimalkan tugas dan fungsi pengurus dan karyawan KPRI, meningkatkan tertib administrasi. Pada Bidang Pendidikan dan Latihan, dengan mengikutsertakan pengurus, karyawan dan anggota pada pelatihan terkait koperasi. Pada bidang lain, Koperasi akan meningkatkan pelayanan simpan pinjam kepada anggota dan lain-lain. (YI/NU)