Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Komisi VII DPR: Bangun Energi untuk Kemajuan

Kendari, Berita Geospasial – Listrik masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh Sulawesi Tenggara, terutama menyangkut kaitannya sebagai pendukung kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi ketika menerima kunjungan kerja Komisi VII DPR RI, 14 Februari 2019, di Rumah Dinas Gubernur, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menurut Ali Mazi, Sulawesi Tenggara memiliki banyak potensi yang belum diolah secara serius. Potensi tersebut tersebar baik di daratan maupun di laut, termasuk di pulau-pulau yang menyimpan potensi pariwisata seperti Wakatobi.

“Potensi Sulawesi Tenggara tak hanya terbatas pada sektor pariwisata tapi juga sektor pertambangan seperti aspal dan nikel,” jelasnya.

Untuk itu, Sulawesi Tenggara mencanangkan Garbarata atau Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan. Sebagai sebuah konsep pembangunan, Garbarata mendorong pembangunan yang berimbang antara daratan dan lautan.

Mewakili Komisi VII DPR RI, Ihwan Datu Adam dalam sambutannya menjelaskan, “Pembangunan di bidang energi turut mendorong kemajuan wilayah termasuk di Sulawesi Tenggara.”

Ia pun menerangkan bahwa melalui kunjungan kerja tersebut DPR ingin menampung segala permasalahan yang tengah dihadapi oleh Sulawesi Tenggara. “Selanjutnya dibuat rekomendasi dan dicari solusinya,” tutur Ihwan.

Sebagai mitra kerja Komisi VII DPR RI, Badan Informasi Geospasial (BIG) turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut bersama sejumlah instansi lainnya, antara lain Kemenristekdikti, KLHK, KESDM, LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPPT. (ATM/MAD)