Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kick Off Meeting Menuju Rakornas IG 2019

Cibinong, Berita Geospasial – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidni memimpin Kick Off Meeting atau rapat awal untuk membahas persiapan Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial (Rakornas IG) yang akan digelar pada 19 Maret 2019. Penyelenggaraan Rakornas IG 2019 ini momen sangat krusial sekaligus penting, karena akan dirumuskan isu-isu strategis di bidang IG yang nantinya diusulkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Ini sangat menentukan arah penyelenggaraan IG dalam periode RPJMN berikutnya agar dapat dilakukan secara terstruktur dan dijadikan dasar perencanaan pembangunan nasional,” ucap Hasan di Ruang Rapat Gedung Utama BIG, Cibinong, Bogor, Selasa, 19 Februari 2019.

Rakornas IG 2019 direncanakan karena adanya amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2014 yang merupakan pelaksanaan UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang IG. Bahwa Kepala BIG menetapkan suatu rencana aksi penyelenggaraan IG nasional, yang menjadi acuan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah pusat maupun daerah.

Maka dari itu, BIG memiliki kewajiban membuat rencana aksi yang disusun seluruh pemangku kepentingan di bidang IG. Rencana ini kemudian dievaluasi setiap tahun melalui Rakornas IG.

Pada Kick Off Meeting ini, Hasan menetapkan susunan panitia sekaligus tema Rakornas IG 2019, yaitu Pembangunan Berbasis Informasi Geospasial. Selain itu, Rakornas IG 2019 ditetapkan dibagi dalam dua kelompok kerja (pokja). Pokja pertama, terkait ‘Percepatan Pemenuhan Kebutuhan IG Wilayah Laut’. Sedangkan, pokja kedua ‘Percepatan Pemenuhan Kebutuhan IG Wilayah Darat’.

Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar BIG Mohamad Arief Syafi’i sebagai Ketua Pelaksana Rakornas IG 2019 menyampaikan, sasaran penyelenggaraan Rakornas IG 2019 ini tidak hanya tersusunnya rumusan kebijakan IG nasional sebagai bahan masukan untuk RPJMN 2020-2024. Tapi, juga tersusunnya rumusan rencana aksi penyelenggaraan IG nasional 2020-2024.

“Hasil penyelenggaraan Rakornas IG 2019 diharapkan dapat menjadi sarana evaluasi perencanaan pembangunan, apakah sudah sesuai dengan IG yang ada atau belum,” tutur Aref.

Sebagai informasi, Kick Off Meeting Rakornas IG ini dihadiri seluruh jajaran pejabat tinggi pratama BIG. Rangkaian persiapan Rakornas IG 2019 mulai bergulir sejak 18 Februari 2019.

Agenda terdekat terkait persiapan Rakornas IG 2019 adalah rapat pokja 1 pada 21 Februari 2019. Pada hari yang sama, juga akan dilaksanakan pertemuan awal antara BIG dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan Badan Pusat Statistik (BPS).  (GU/LR/NIN)