Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

"Deputi Harus Menjadi Bapak Bagi Pegawainya"

Cibinong, Berita Geospasial – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidin melantik Antonius Bambang Wijanarto sebagai Deputi Informasi Geospasial Tematik (IGT). Hasan meminta Anton agar dapat menjadi seorang `bapak` bagi para pegawai.

“Deputi harus bisa menjadi seperti bapak bagi pegawainya. Bapak pasti menginginkan anak-anaknya sejahtera, maka Deputi harus bisa membuat pegawainya sejahtera agar suasana kerja berlangsung kondusif,” kata Hasan saat memberikan sambutan di Aula BIG, Cibinong, Bogor, Jumat, 14 Juni 2019.

Anton dilantik sebagai Deputi IGT berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 58/TPA Tahun 2019 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan BIG. Puluhan orang menghadiri pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan tersebut.


 

Hadir sebagai saksi adalah Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raden Muhammad Adi Darmawan. Selain itu, juga hadir sebagai saksi Deputi Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) Adi Rusmanto.

“Kepada Deputi IGT yang baru, saya ingatkan bahwa Kebijakan Satu Peta (KSP) sudah menjadi tagline BIG. Peta hasil KSP diharapkan dapat dimanfaatkan secepat mungkin, serta meningkat ke skala yang lebih besar,” pesan Hasan.

Sebelumnya, Anton menjabat sebagai Kepala Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG) BIG. Hasan yakin Anton mampu mengemban tugas sebagai Deputi IGT karena pengalamannya dalam berbagai hal.

“Terlebih saat ini BIG tengah menyiapkan KSP pada skala 1:5.000. Dibutuhkan peta dasar skala besar untuk menyiapkan KSP dengan skala besar,” ucap Hasan.

Terkait integrasi IG dengan data statistik untuk pemenuhan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Hasan berpesan agar Anton selaku Deputi IGT yang baru dapat memberikan dukungan penuh. Apalagi Kebijakan Satu Data akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Tak ketinggalan terkait percepatan asistensi pemetaan tata ruang. Dari target asistensi, baru sedikit yang telah selesai.

“Kendalanya selalu berhenti di pemetaan dasar skala 1:5.000 dan peta tematik yang terkait,” tegas Hasan.

Sebagai penutup, Hasan meminta seluruh bagian di BIG dapat saling menyatu. “Kita BIG!” teriaknya penuh semangat. 

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan memori akhir jabatan dari Deputi IGT BIG periode 2014-2019 Nurwadjedi kepada deputi yang baru dilantik. Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari pada tamu dan undangan yang telah hadir kepada pejabat yang baru dilantik. (LR/NIN)