Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Bimtek Penguatan Jaringan Informasi Geospasial Nasional Regional Sulawesi

 photo 335A0910_zps9cd7dr0u.jpg

Makassar, Berita Geospasial - Setelah sebelumnya dilaksanakan di Regional Sumatera dan Papua serta Maluku, hari ini Selasa, 17 April 2018, bertempat di Phinisi Ballroom Hotel Grand Clarion Makassar, kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) dalam rangka Penguatan Jaringan Informasi Geospasial (JIGN) Regional Sulawesi dilaksanakan. Acara bimtek dan rakor ini dilaksanakan oleh Badan Informasi Geospasial dan Pemprov Sulawesi Selatan yang dalam hal ini dimotori oleh Bappeda Provinsi dengan mengundang berbagai stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan informasi geospasial (IG) di regional Sulawesi.

Hadir sebagai peserta bimtek dari berbagai provinsi di regional Sulawesi, perwakilan dari Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo, serta perwakilan dari Bappeda Kota dan Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Juga kalangan akademisi di sekitaran kota Makassar, dan lembaga masyarakat lainnya.

Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si. mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas dipilihnya kota Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan Bimtek pada hari ini dan Rakor pada tanggal 18 April 2018. Seraya juga kemudian menyampaikan berbagai hal terkait dengan kondisi informasi geospasial secara umum di Indonesia dan khususnya penyelenggaraan IG di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Adi Rusmanto, menyampaikan dalam sambutanya bahwa kegiatan serupa sudah dilaksanakan untuk yang ke-tiga kalinya di tahun 2018 ini, hal ini dilakukan untuk menyiapkan kesiapan simpul-simpul jaringan di berbagai daerah di Indonesia agar siap dan terealisasi, khususnya dalam rangka menghadapi rencana launching Kebijakan Satu Peta (KSP) yang direncakanan akan dilaunching oleh Presiden pada bulan Agustus 2018 yang akan datang. Membuka acara bimtek dipagi hari ini, Deputi Bidang IIG dengan didampingi oleh Kepala Bappeda, Kepala Pusat PSKIG, dan perwakilan dari provinsi lainnya, membuka acara dengan melakukan pemukulan gong. Setelah pembukaan dilakukan, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Sesi bimbingan teknis pada kesempatan bimtek ini diawali dengan penyampaian kondisi jaringan IG di Regional Sulawesi yang disampaikan oleh Aris Haryanto, selaku Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Simpul Jaringan IG BIG, Aris selain menyampaikan kondisi terkini juga menjadi moderator bagi pemateri-pemateri teknis lainnya di acara bimtek penguatan simpul jaringan ig nasional ini.

Kemudian pemaparan dilanjutkan dengan mengetengahkan materi tentang Infrastruktur Simpul Jaringan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Geospasial BIG, Dr. Gatot Haryo Pramono, B.Sc. M.App.Sc; Katalog Unsur Geografi Indonesia versi 5 oleh Ari Sutanto, staf Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Geospasial; dan Pengenalan Geoportal PALAPA versi 3.4 oleh Wendra staf dari Bidang Penyebarluasan Informasi Geospasial.

Para peserta bimtek yang berasal dari berbagai daerah di regional Sulawesi mengikuti acara dengan antusias dan tetap menempati kursi hingga dengan acara berakhir pada sekitar pukul 17.00 WITA. Semoga berbagai ilmu yang didapatkan selama pelaksanaan bimtek hari ini bisa dimanfaatkan dan diaplikasikan untuk kemajuan pengelolaan jaringan IG di tingkat Daerah.(DA)