Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Ikut Ramaikan Indonesia Science Expo 2018

Tangerang, Informasi Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) menjadi salah satu pengisi stan dalam acara Indonesia Science Expo 2018 pada Kamis sampai Minggu, 1-4 November 2018. Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, BIG ikut serta memeriahkan pameran IPTEK pertama dan terbesar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini. Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Indonesia Science Expo (ISE) 2018 menjadi ajang peneliti dan penemu Indonesia menampilkan hasil karya, kontribusi dan inovasi di bidang sains, ilmu pengetahuan dan teknologi. Kali ini, ISE melibatkan lebih banyak peneliti dan praktek iptek. Tidak hanya itu, temuan dan karya iptek skala nasional dan internasional lebih banyak ditampilkan. Tidak hanya stan pameran dari beberapa lembaga, badan, dan kementerian di Indonesia, ISE juga menampilkan hasil karya anak bangsa melalui Youth Science & Innovation Fair (YSIF). Sebagai program sains bergengsi bertaraf internasional, YSIF diikuti ratusan pelajar Indonesia dan mancanegara yang menjadi media daya tarik besar bagi ribuan pelajar dalam dan luar negeri.

Hadir dalam ISE 2018 Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Tri Handoko. Dikutip dari kumparan.com, Handoko menjelaskan tema dan tujuan ISE tahun ini dalam sambutan pembukaan acara. "Tema ISE Tahun 2018 adalah Celebrating Science and Innovation dengan tujuan utama untuk mengomunikasikan atau memasyarakatkan apa yang telah dilakukan peneliti Indonesia dalam bidang riset dan manfaatnya bagi masyarakat luas," ujar Handoko. ISE 2018 juga dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.

Banyak peserta ISE 2018 yang berkunjung ke stan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam empat hari acara digelar. Hari pertama, BIG banyak menerima kunjungan dari berbagai instansi baik pemerintahan maupun nonpemerintahan. Hari kedua, banyak siswa Sekolah Dasar yang berkunjung ke stan BIG. Sementara itu, di hari ketiga BIG dikunjungi berbagai macam kalangan mulai dari pekerja kementerian, pelajar, maupun pengajar. Dihari terakhir, BIG banyak menerima kunjungan dari guru Sekolah Dasar. Semua pengunjung stan antusias mengetahui BIG lebih dalam.

BIG sebagai lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang memiliki tugas di bidang informasi geospasial turut memamerkan produknya di acara tersebut. Berbagai produk karya BIG seperti buku dan majalah dipamerkan dalam stan BIG. Hadirnya BIG dalam pameran tersebut memberikan pencerahan kepada pengunjung ISE 2018 terkait informasi geospasial. Hal tersebut penting mengingat informasi geospasial sangat penting dalam perencanaan pembangunan. Kehadiran BIG dalam meramaikan Indonesia Science Expo 2018 ini juga memperkenalkan BIG kepada khalayak khusunya para generasi bangsa yang hadir dalam pameran terbesar di bidang sains, ilmu pengetahuan dan teknologi ini.(NU)