Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Gelar Rakor Forum Data

 

Bogor, Berita Geospasial – Informasi Geospasial (IG) semakin dirasa peranannya dalam percepatan pembangunan. Hal ini terbukti dengan semakin dibutuhkannya IG dalam pengambilan keputusan.

“Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai pelopor dan pembina IG diharapkan dapat lebih optimal dalam menyediakan IG dengan standar serta kualitas yang terjamin. Tidak hanya itu, tapi juga andal, cepat didistribusikan dan mudah diakses,” kata Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) Adi Rusmanto saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Data  di IPB Convention Center, Rabu, 13 Faebruari 2019.

Adi menjelaskan, Rakor Forum Data digelar untuk mengajak seluruh pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, serta pengelola data bersinergi dalam penyelenggaraan IG di BIG. Rakor ini sekaligus untuk mengidentifikasi produk IG yang dihasilkan setiap unit teknis dalam rangka pengelolaan IG di simpul jaringan BIG.

Sasaran strategis kegiatan ini adalah meningkatkan kontribusi IG sesuai kebutuhan pembangunan nasional dan masyarakat. “Saya harap seluruh pemangku kebijakan dan pengelola data dapat bersinergi membangun dan mengelola IG yang andal  serta siap dipublikasikan,” tegas Adi.

Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan IG BIG Khafid dalam paparannya menjelaskan, sebagai pelopor dan pembina penyelenggaraan IG yang andal, BIG harus mampu mewujudkan visi menjadi integrator penyelenggaraan IG sebagai landasan pembangunan Indonesia. Namun, BIG tidak bisa sendirian memenuhi kebutuhan IG secara nasional. Butuh dukungan dari banyak pihak.

“Hal ini sesuai dengan tema Rakor Forum Data, yaitu Sinergi Pengelola Data untuk Meningkatkan Kontribusi Informasi Geospasial dan Terwujudnya Informasi Geospasial yang Andal Bagi Pembangunan Nasional,” ucap Khafid.

Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Geospasial BIG berkesempatan menyampaikan paparan tentang mekanisme pengelolaan data dan informasi geospasial di BIG. (YI/NIN)