Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Bekerjasama dengan Unitomo Surabaya Kembangkan Prodi Geomatika

Surabaya, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara utama Informasi Geospasial (IG) di Indonesia, terus-menerus mendorong kemneterian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan masyarakat umum untuk memanfaatkan dan mengembangkan IG. Untuk itu BIG selalu terbuka dengan berbagai kemneterian/lembaga,  daerah, perguruan tinggi maupun swasta yang ingin bekerja sama dengan BIG. Setiap tahun BIG selalu melakanakan penandatanganan naskah kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak.

Pada kesempatan kali ini (Rabu, 3 Juli 2019), dilaksanakan kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama antara Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya dengan BIG. Naskah kesepakatan bersama yang ditanda-tangani tersebut tentang pemanfaatan dan pengembangan ilmu peengetahuan dan teknologi terkait Informasi Geospasial. Kegiatan penandatanganan dilaksanakan bebarengan dengan acara peluncuran Prodi Teknik Geomatika Unitomo dan Seminar “Geomatika untuk Mengembangkan Tata Kelola Sumber Daya Indonesia di Era Industri 4.0”.

Telah hadir dari kedua pihak untuk menandatangani naskah kesepakatan bersama, Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin, dan Rektor Unitomo Bachrul Amiq. Adapun kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan IG, berbagi pakai data dan IG, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang IG; peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia terkait IG; diseminasi informasi terkait bidang IG untuk mendukung kegiatan pengabdian pada masyarakat; dan kegiatan lain yang dipandang perlu dan disetujui kedua pihak.

“Unitomo sangat bangga karena Kepala BIG bersedia hadir pada acara hari ini., sehingga kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama bisa berlangsung. Selanjutnya akan dilaksanakan sinergi antara Unitomo dengan BIG, sehingga Unitomo bisa menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja, baik oleh BIG maupun swasta,” ungkap Bachrul.

Melalui kesepakatan bersama yang berlaku 5 tahun sejak ditanda-tangani ini, Kepala BIG Hasanuddin Z. Abidin juga turut menyampaikan harapannya atas kerja sama yang lebih baik lagi berikutnya. Selain dengan BIG, Unitomo juga melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dengan 14 PT. Konsultan Kantor Jasa Surveyor Kadaster Berlisensi (KJSKB) yang ada di Provinsi Jawa Timur. Dengan kerja sama ini akan menjadi dorongan dan dukungan bagi perkembangan Prodi Teknik Geomatika di Unitomo. Selain itu, juga akan menciptakan sumberdaya manusia bidang IG yang lebih banyak dan mumpuni lagi bagi perkembangan dunia IG di masa depan. (LR)