Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Berinformasi Geospasial Bersama SMPIT Raflesia, Depok

 

Cibinong, Berita Geospasial BIG –  Informasi Geospasial merupakan data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian, demikian bunyi kutipan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Berbekal landasan undang-undang tersebut ada himbauan untuk mendorong penggunaan informasi geospasial ke dalam penyelenggaraan pemerintahan dan ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, diantaranya penerimaan kunjungan dari masyarakat.

Penyampaian Informasi Geospasial (IG) kepada masyarakat kembali didengungkan BIG di tahun 2018 ini dan pada kesempatan kali ini SMPIT Raflesia yang berlokasi di Kota Depok mendapat kesempatan berkunjung ke BIG pada Senin, 29 Januari 2018. Sebanyak 26 siswa dan siswi SMPIT Raflesia bersama sejumlah guru pendamping belajar mengenal informai geospasial dengan moderator acara Agung Teguh Mandira.

Sri Lestari sebagai Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG menerima siswa dan siswi SMPIT Raflesia sekaligus menyampaikan kata sambutan pada kunjungan tersebut. Lestari menyampaikan bahwa informasi geospasial atau informasi ruang kebumian, yang dalam bahasa mudahnya adalah peta, merupakan informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.  Diberikan contoh untuk perhitungan pajak di Medan, setelah menggunakan informasi geospasial skala besar, maka penerimaan pajak dapat bertambah, karena informasi geospasial tersebut dapat memberikan informasi 3D sehingga gedung-gedung tingkat dapat dihitung baik secara fisik sehingga dapat dihitung besaran pajaknya.  Ditambahkan oleh Lestari bahwa untuk adik-adik bisa belajar membuat peta wilayah sekolahnya atau persebaran sekolah di kecamatan atau Kota Depok, nah itu bisa menggunakan ins-geoportal yang nanti akan dijelaskan kakak-kakak narasumber.

Selanjutnya perwakilan Guru SMPIT Raflesia Taefur Yulianto mambalas kata sambutan BIG dengan penuh rasa syukur dan sukacita. Taefur berpesan kepada pada siswanya untuk mendengarkan berbagai informasi yang diberikan BIG.  Taefur menambahkan bahwa informasi geospasial penting untuk berbagai keperluan dalam kehidupan.  Selain itu dengan mengetahui informasi geospasial, maka ilmu dan pengetahuan anak-anak dapat bertambah, syukur-syukur dapat segera diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Selesai penyambutan dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata.

Selain diberikan informasi secara global oleh Lestari, maka kunjungan yang berlangsung di Ruang Rapat Pusat PPKS, Gedung C Lantai 1, maka dilakukan beberapa presentasi oleh unit teknis di BIG.  Adalah pertama kali oleh Hermayulis dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim, yang menyampaikan presentasi mengenai Proses Bisnis Pemetaan Rupabumi dan Toponim.  Kemudian dilanjutkan oleh Fakhrudin Mustofa dari Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas menyampaikan presentasi mengenai Belajar Mengenal Atlas untuk Pelajar SMP, dan presenter pamungkas adalah Indah Khurotul Aini menyampaikan materi mengenai Belajar Mengenal dan Demo Ina-Geoportal untuk Pelajar SMP.

Para siswa dan siswi ini begitu bersemangat menyimak semua materi yang disampaikan dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para presenter meskipun mereka saling berebut menjawab, suasana kunjungan cukup menyenangkan. Kunjungan hari ini diakhiri dengan melihat laboratorium Pemetaan Rupabumi dan Toponim untuk belajar proses stereoplotting dan melihat Ruang Pelayanan Terpadu

Informasi Geospasial. Meskipun diwarnai oleh gerimis sepanjang pagi, para siswa-siswi tetap bersemangat mengikuti arahan panitia penerima kunjungan. (AS/TR)