Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Belajar Public Speaking Bersama Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Berbicara merupakan kebutuhan semua orang. Entah disadari atau tidak, seseorang tidak bisa tidak berkomunikasi. Kebutuhan profesi menuntut seseorang untuk berbicara di depan publik dan melakukan presentasi, bahkan aktivitas keseharian juga membutuhkan komunikasi. Dewasa ini tidak hanya praktisi humas saja yang dituntut untuk dapat memiliki kemampuan mengolah kata-kata menjadi sebuah informasi yang baik, namun semua elemen masyarakat dituntut untuk menguasai kemampuan public speaking. Badan Informasi Geospasial (BIG) bisa dibilang merupakan gudang data terkait informasi geospasial di Indonesia. Akan tetapi, terkadang data tersebut tidak bisa tersampaikan dengan baik sehingga sulit dimengerti oleh khalayak luas. 

BIG bekerjasama dengan Sekolah Public Speaking TalkInc., menghadirkan Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan sebagai Narasumber Seminar Public Speakingpada Kamis, 16 April 2015 di Aula Utama BIG Cibinong. Seminar yang bertajuk "Boosting Confidence" itu dibuka oleh F. Wahyutomo Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum BIG. Wahyu berharap, dengan adanya Seminar Public Speakingini dapat memberikan perubahan kepada para peserta seminar untuk lebih baik lagi dalam hal melakukan pemaparan di depan umum. Dengan adanya kegiatan ini, beberapa karyawan BIG diharapkan lebih meningkat lagi keberanian untuk menyampaikan gagasan, dan mendapatkan ilmu mengenai cara yang tepat untuk mengeluarkan ide-ide brilian yang dimiliki secara komunikatif.

Seminar kali ini sangat mengundang animo dari para CPNS BIG 2015 dan beberapa karyawan BIG, yang ditunjukkan dengan penuhnya kursi peserta yang telah disediakan. Hal tersebut tidak lain karena narasumbernya ialah presenter kondang. Seminar sesi pertama dibuka oleh Becky Tumewu sebagai narasumber dan juga mentor dengan topik 'Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri'. Becky yang tidak lain adalah Founder dari Talk Inc. Mantan Penyiar Radio Prambors pada tahun 1991 awal ini membekali para peserta dengan penjelasan mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri sebelum presentasi. Kepercayaan diri akan timbul saat seseorang sudah merasa nyaman dengan diri sendiri. Penuh semangat dan senyum, Becky memberikan ilmu mengenai public speaking dengan interaktif. Pada tahap ini, peserta seminar diberikan motivasi untuk merasa nyaman pada diri sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri.

Bu Beck, begitu ia ingin disapa saat seminar berlangsung, menuturkan bahwa salah satu masalah dalam public speaking adalah tidak nyamannya kita dengan diri sendiri. Disaat sudah nyaman dengan diri sendiri maka dengan sendirinya tingkat percaya diri kita akan bertambah. Jangan merasa minder untuk terus belajar, dirinya mengaku di awal karirnya sebagai pembawa acara banyak kesalahan yang dibuatnya, tapi dengan terus belajar dan menambah jam terbang, dirinya kini bisa berdiri sebagai fasilitator seminar public speaking. Menurutnya, inti dari belajar ialah proses. Menghargai sekecil apapun proses yang telah dilewati membantu kita untuk menghadapi langkah yang lebih besar.

Seminar sesi kedua dilanjutkan oleh Erwin Parengkuan yang memberikan informasi bagaimana cara bersikap di depan umum dan bagaimana menjelaskan sesuatu hal supaya menarik dan mudah dipahami dengan tema 'Effective Communication'. Pada sesi ini pun banyak interaksi yang bermanfaat untuk melatih para peserta seminar. "Do what you love and Love what you do" begitu pesan Erwin Parengkuan yang masih terlihat muda di usianya yang sudah empat puluh lima tahun. Erwin memaparkan tips dan strategi bagaimana seseorang bisa menyampaikan suatu informasi dengan sangat baik.

Erwin dengan lugas mengajarkan bahwa suatu informasi yang disampaikan harus memiliki unsur 4T, yaitu Teratur, Terarah, Tuntas dan Tidak Menimbulkan Pertanyaan. Selain itu saat berkomunikasi kita tidak bisa menyamaratakan metode yang akan digunakan pada orang lain, karena tiap orang akan berbeda metode komunikasi yang digunakannya. Jika kita bisa menguasai dari inti itu semua, maka semua permasalahan komunikasi bisa teratasi dengan baik. Di akhir sesi seminar para CPNS BIG 2015 diberi kesempatan untuk berfoto bersama dan secara simbolik pemberian kenang-kenangan kepada Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan yang telah sangat menginspirasi para peserta seminar. (DEV-NINO/LR/TR)