Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Badan Informasi Geospasial Sambut Kunjungan Kerja Menteri PAN-RB

Cibinong, Berita Geospasial BIG - BIG merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan informasi geospasial di Indonesia.  Informasi geospasial yang dihasilkan digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan  pembangunan serta untuk monitoring hasil-hasil pembangunan di Indonesia.  Dalam melaksanakan tugasnya BIG berhubungan dengan kegiatan pelayanan publik.

Dalam rangka peningkatan pelayanan publik, BIG telah membangun beberapa infrastruktur untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam melakukan pelayanan diantaranya Sentra Peta, National Geospatial Data Center (NGDC) dan Geospasial Support Command Center (GSCC).  Untuk itu, dalam rangka menerima kunjungan kerja Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi, Pak Menteri diajak mengunjungi infrastruktur tersebut di Kantor BIG Cibinong.

Kunjungan kerja yang dilakukan dalam waktu yang singkat tersebut dilakukan pada Senin, 7 September 2015. Dalam kunjungan tersebut, Menteri PAN-RB melakukan tur singkat berkeliling Kantor BIG yang dipandu oleh Kepala BIG. Diawali dengan kunjungan ke Sentra Peta yang berada di Gedung C Lantai 1 Kantor BIG.  Selama kunjungan di Sentra Peta, banyak pertanyaan yang diajukan oleh Menteri PAN-RB seputar peta seperti pembuatan peta, cara pemetaan suatu wilayah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, suasana kunjungan terasa cukup santai dan menyenangkan karena guyonan atau celetukan ringan yang sesekali dilontarkan olehnya. Beberapa contoh lembar peta yang diproduksi oleh BIG pun diperlihatkan kepada Menteri PAN-RB beserta rombongan. Tak hanya itu, Menteri PAN-RB juga melihat-lihat atlas taktual yang dihasilkan BIG. Yudi kagum bagaimana informasi geospasial (IG) berupa peta, dalam hal ini atlas dihadirkan kepada para penyandang tunanetra. Hal ini tentu saja sesuai dengan tujuan negara ini untuk memberikan pendidikan yang setara bagi seluruh warga negara Indonesia, tanpa memandang status dan kondisi fisik seseorang.

Setelah dirasa cukup, kunjungan kemudian dilanjutkan ke National Geospatial Data Center (NGDC) di Gedung D. Penjelasan singkat pun diberikan seputar penggunaan dan cara kerja pengumpulan data informasi geospasial yang dilakukan oleh BIG. Dari sana kunjungan dilanjutkan ke Geospasial Support Command Center (GSCC) di Gedung A Lantai 2. Di ruangan tersebut, Menteri PAN-RB diperlihatkan serta diberi demonstrasi penjelasan seputar aplikasi berbagi pakai Ina-Geoportal yang sudah diluncurkan oleh BIG.

Di akhir kunjungan, Menteri PANRB berfoto bersama Kepala BIG dan jajaran staf lainnya sebelum meninggalkan kantor BIG. "Ke depannya peranan teknologi informasi geospasial semakin meningkat. Selain itu juga tantangannya adalah bagaimana ke depannya bisa lebih efisien, lebih efektif dengan satu performance kinerja yang baik", tutur Menteri PAN-RB sesaat sebelum meninggalkan Kantor BIG dalam wawancara singkatnya untuk media internal BIG. Melalui kunjungan ini diharapkan kinerja dan pelayanan publik di BIG semakin baik, profesional dan dapat dipertanggungjawabkan. (RA/LR/TR)