Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Auditor Bukan untuk Menjatuhkan

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Minggu kelima magang kali ini memberikan kesempatan kepada kelompok yang beruntung untuk magang di Inspektorat. Sebagai penerima magang adalah Neneng Rusmiaty, yang membimbing dan mengenalkan tentang pelaksanaan audit kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Informasi Geospasial (BIG). Gedung yang tidak terlalu besar tapi terasa sangat hangat seperti berada di dalam rumah sendiri membuat peserta magang nyaman untuk berlama lama berada di dalam Gedung Inspektorat.

 

Audit bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya audit berkas, tapi juga audit pekerjaan di lapangan. Para auditor, diwajibkan memahami terlebih dahulu apa yang akan diperiksa. Spesifikasi barang dan prosedur pelaksanaan pekerjaan adalah salah satu hal yang harus diperiksa kejelasannya dan ketepatannya. Hal ini merupakan hal pokok dalam pemeriksaan, apabila proses administrasinya baik, maka pelaksanaan pekerjaan pun akan menjadi baik, demikian kata Tyas, salah satu CPNS BIG pada 6 April 2015.

Ajum Muhtar, sebagai Inspektur BIG memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya pada peserta magang untuk bertanya mengenai proses audit di Inspektorat. "Auditor itu terkesan jahat atau menakut-nakuti, padahal tidak. Justru kami membantu teman-teman di BIG untuk memeriksa berkas administrasi agar menjadi benar" ujar Ajum.

Semua prosedur yang ada di Inspektorat, sudah terangkum dalam Standard Operating Procedures (SOP), sehingga saat melaksanakan pekerjaan apapun sudah ada dasar pelaksanaannya. SOP ini sangat mempermudah pegawai dalam melaksanakan tugasnya. CPNS BIG, diberikan kesempatan untuk mengulas kembali SOP yang sudah dibuat. Hal ini bertujuan untuk koreksi SOP dan mengenalkan tugas apa saja yang ada di Inspektorat. Sambutan hangat dan kekeluargaan dari para petugas di Inspektorat, membuat peserta magang sangat nyaman dan dapat dengan mudah menyerap ilmu baru yang diberikan. Melalui kegiatan magang ini diharapkan para CPNS nantinya bila sudah masuk di pusat teknis dapat bekerja sama dengan baik, termasuk dengan Inspektorat. (Dev/LR/TR)