Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Remote Sensing dan SIG

Sebagai anggota dari ICoMAR (Indonesian Consortium on Marine Research), bersama 6 lembaga lain, BAKOSURTANAL melakukan penelitian di daerah Delta Berau, Kalimantan Timur. Secara garis besar tujuan akhir BAKOSURTANAL, pada program penelitian bersama ini adalah dihasilkannya suatu model penge-lolaan sumberdaya alam Pesisir dan Laut yang terintegrasi dan berazaskan lestari . Program penelitian ini kemudian diselaraskan dengan program Balai Penelitian Geomatika dalam bidang remote sensing (penginderaan jauh atau inderaja) dan Sistem Informasi Geografis sehingga lahirlah program penelitian “Model Aplikasi Remote Sensing dan Sistem Informasi Geografis, Wilayah Delta Berau, Kalimantan Timur” .

Dalam penelitian ini dikaji kemampuan citra inderaja multi resolusi untuk inventarisasi sumberdaya alam pesisir dan laut, memantau perkembangan delta, memantau kualitas air dan penerapan sistem informasi geografis dalam pemodelan lingkungan wilayah Delta Berau

Sebagai data utama dari penelitian ini digunakan citra ASTER, sebuah citra yang diperkirakan akan semakin memainkan peranan penting untuk aplikasi inderaja pada skala menengah. Penelitian ini menghasilkan beberapa makalah ilmiah yang menguji kapabilitas citra ASTER dalam identifikasi tutupan lahan, kedalaman air, kandungan sedimen, dan kandungan klorofil. Karena itu, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai panduan bagi mereka yang ingin menggunakan citra ASTER dalam berbagai aplikasinya.