Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pemanfaatan Data Spasial

Dalam sejarahnya sepanjang 36 tahun, BAKOSURTANAL telah menghasilkan banyak sekali jenis data baik peta dasar, peta tematik maupun data lainnya yang tentu saja memiliki ketelitian dan akurasi yang berbeda-beda sesuai dengan teknologi dan kecakapan sumberdaya yang menyertainya pada masa dibuatnya peta-peta tersebut.

Sebagai penyedia data spasial, BAKOSURTANAL tentunya harus memahami kebutuhan masyarakat akan data spasial tersebut, dimulai dari per orangan sampai dengan mereka yang bekerja di instansi pemerintahan maupun di dunia industri. Untuk tujuan itulah, maka Balai Penelitian Geomatika melakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Data Spasial BAKOSURTANAL” . D engan penelitian ini diharapkan apa, di mana, kapan dan bagaimana informasi spasial itu dimanfaatkan oleh para pengguna dapat ditentukan.

Penelitian ini juga mampu mengidentifikasi prioritas untuk masa depan dalam hal pengumpulan dan peng-update-an data, untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan isi dan kualitas. Juga rekomendasi untuk memperbaiki proses pengumpulan dan pemeliharaan data adalah hasil lain dari penelitian ini. Hal-hal ini tentunya akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi BAKOSURTANAL dan juga pihak penyedia data spasial lainnya, untuk memperbaiki kinerjanya sekarang dan di masa yang akan datang.

Data yang dikumpulkan adalah pemanfaatan data spasial di kalangan industri, pemerintahan, pendidikan dan perorangan dari responden di 11 ibukota provinsi. Hasil penelitian ini adalah laporan ilmiah tentang tingkat pemanfaatan data spasial BAKOSURTANAL dan database berisi produk data spasial BAKOSURTANAL dan penggunanya.