Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Jalur Mudik Aman dan Lancar, Gunakan Portal Geospasial Ina-Geoportal

oleh

Luciana Retno Prastiwi

 

Indonesia memiliki total penduduk terbesar ke-empat di dunia, yaitu sebanyak 237.641.326 jiwa (bps.go.id, 2014). Dengan penduduk mayoritas muslim menjadikan Indonesia salah satu negara tersibuk di dunia ketika bulan Ramadhan tiba. Adalah tradisi di Indonesia ketika Lebaran untuk pulang ke rumah orang tua dan silahturahmi dengan keluarga yang ada di tempat asal. Kebiasaan 'pulang kampung' ini akrab disebut dengan 'mudik'. Hari Raya Idul Fitri menjadi puncak tradisi mudik bagi sebagian besar warga Indonesia.

Ketika arus mudik mulai berlangsung, saat itu pula pengetahuan akan geospasial menjadi modal utama dalam mendapatkan kenyamanan perjalanan. Dengan catatan banyaknya penduduk Indonesia tak ayal tradisi mudik selalu bergandengan erat dengan suasana macet. Kemacetan selalu terjadi hampir di semua ruas jalan arteri dan jalan tol yang menjadi langganan para pemudik. Keterbatasan akan pemahaman jalan menjadi salah satu sandungan dalam memperoleh perjalanan yang lancar dan aman.

Para kaum muda Indonesia yang akrab dengan internet dan media sosial, selalu berupaya memanfaatkan kedua media tersebut semaksimal mungkin. Dengan mencari rute jalan melalui search engine ataupun lewat live report para pemudik lain yang di-share/diberitakan melalui media sosial, seperti facebook dan twitter.Yang perlu diingat kedua jalan tersebut tidak selalu memberikan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Seringkali apa yang ditampilkan melalui tayangan search engine tidak sesuai dengan lapangan, ada toleransi kesalahan yang sangat besar yang tentu akan merugikan pemudik. Lokasi suatu jalan atau bangunan yang ternyata masih 3 km lagi tentu akan membahayakan penggunanya bila di dalam aplikasi terlihat seolah-olah sudah dekat padahal masih jauh. Sementara media sosial juga tidak memiliki filter untuk memilah-milah antara informasi yang benar dan yang salah. Sehingga bila salah percaya pada suatu pesan tentu akan fatal akibatnya.

Masyarakat Indonesia memerlukan informasi dalam bidang keruangan atau yang akrab disebut sebagai Informasi Geospasial (IG) yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. IG yang seperti itu dapat diperoleh melalui Ina-Geoportal yaitu situs http://tanahair.indonesia.go.id yang dikelola oleh Badan Informasi Geospasial (BIG)....

download artikel lengkap (pdf)