Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Geomatics Research Forum

Geomatics Research Forum (GeoReForm) adalah forum tahun-an yang diselenggarakan untuk menjadi wahana komunikasi dan pertukaran pemikiran di antara para peneliti di bidang Geomatika. GeoReForm 2006 diadakan pada tanggal 25 Agustus 2006, bertempat di Balai Sidang Jakarta . Forum ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang peserta yang berasal dari berbagai lembaga penelitian, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan pihak swasta.

Di tengah gelombang bencana yang menimpa tanah air kita, sungguh dirasa sangat tepat bahwa GeoReForm 2006 mengangkat tema “Multi Hazards: Challenges for Risk Assessment, Mapping and Management”. Dalam forum ini didiskusikan dengan menarik tentang peranan dan kebutuhan data spasial dalam hal kebencanaan. Narasumber yang dihadirkan pada acara ini adalah Dr. Suharjono, MSc (BMG), Dr. Dwi Korita (Geologi UGM), Dr. Ratdomo Purbo (BPPTK Merapi), Hening Parlan (MPBI) dan Ujang Dede Lesmana (PMI Pusat). Mereka mewakili berbagai lintas instansi dari lembaga penelitian, perguruan tinggi, LSM Kebencanaan dan lembaga yang terjun langsung dalam pengelolaan korban bencana. Hasil dari GeoReForm 2006 ini kemudian dituangkan ke dalam satu prosiding.

GeoReform 2007

Kami mengundang para peneliti, praktisi, penyedia dan penggujna data dan teknologi Geomatika, untuk bergabung dalam GeoReForm 2007 yang akan kami adakan di akhir bulan Agustus 2007. Tidak ada biaya pendaftaran untuk keikutsertaan dalam acara GeoReForm ini. Informasi terkait dengan hal ini dapat diperoleh dengan menghubungi kami. Di samping untuk menghadiri, kami juga mengharapkan partisipasi berupa penulisan makalah yang terkait dengan perkembangan dan aplikasi teknologi geospasial dalam berbagai aspek untuk dipresentasikan dalam acara ini.