Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Akhir Manis Orientasi CPNS Badan Informasi Geospasial Tahun 2015

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Para CPNS BIG tahun 2015 sudah 3 bulan melaksanakan orientasi terhitung sejak 2 Maret 2015 lalu. Selama 3 bulan orientasi, para CPNS BIG telah dibekali berbagai macam materi yang berkualitas dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya. Kini tiba saatnya untuk resmi dinyatakan ditutup.

Bertempat di Aula Utama BIG acara Penutupan Masa Orientasi CPNS BIG 2015 ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjut dengan Mars BIG dengan khidmat. Acara yang dilaksanakan pada 12 Juni 2015 ini dihadiri oleh para pejabat eselon 1 dan eselon 2 BIG, para pendamping kelompok pemagangan orientasi, dan perwakilan beberapa karyawan BIG.

Selama 3 bulan, para CPNS BIG tahun 2015 telah mempelajari hal-hal yang penting dari tiap pusat ataupun unit kerja di BIG. Kegiatan pemagangan tersebut bertujuan membekali para CPNS agar mengetahui bagaimana bisnis proses dari tiap pusat dan unit kerja." Kegiatan pemagangan selama 3 bulan bukan tanpa tujuan, melainkan menciptakan SDM yang dapat bersinergi dengan seluruh karyawan BIG lainnya, sehingga terciptanya BIG yang solid" papar Suarlan, Penanggung Jawab Orientasi CPNS BIG 2015.

Untuk kesekian kalinya, BIG melakukan rekrutmen yang akuntabel, bersih dan bebas dari segala intervensi. Perbedaan dengan penerimaan tahun-tahun sebelumnya, kali ini diberlakukannya passing grade dalam penilaian Tes Kompetensi Bidang. Selain penerimaan yang lebih selektif, masa orientasi CPNS kali ini merupakan orientasi yang paling komprehensif di BIG.

Beberapa waktu lalu, para CPNS BIG 2015 telah menorehkan prestasi yang cukup membanggakan dengan mempersembahkan karya Peta Rute Angkot Kota Bogor. Karya tersebut merupakan jawaban dari tantangan Walikota Bogor saat mengisi materi seminar orientasi CPNS BIG 2015. Diharapkan dengan karya tersebut, dapat memacu karya-karya luar biasa lainnya dari CPNS BIG tahun 2015 guna memberikan kontribusi nyata bagi Badan Informasi Geospasial dan juga bagi Indonesia.

Di awal pelaksaaan orientasi, ada beberapa peserta yang merasa terlalu berat dengan jangka waktu orientasi yang cukup lama. Namun di akhir orientasi ini, CPNS BIG 2015 sadar, bahwa kegiatan orientasi ini sangatlah bermanfaat untuk bekal kerja mereka. "Dengan semua pengalaman dan ilmu yangtelah kami dapatkan selama masa orientasi ini, saya mewakili rekan-rekan CPNS BIG 2105 mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyusun acara orientasi yang bagi kami sangat bermanfaat dan berkesan. Semoga dengan berakhirnya masa orientasi silaturahmi dan hubungan kekerabatan dan kekeluargaan ini tetap erat dan kokoh hingga akhir hayat" ungkap Herjuno, Ketua Angkatan CPNS BIG 2015 di Penutupan Masa Orientasi CPNS BIG 2015.

Besar harapan yang disematkan kepada para CPNS BIG 2015 ini, semoga para CPNS ini dapat menjawab semua tantangan pemerintah dalam bidang informasi geospasial, oleh karenanya slogan orientasi Sinergi, Peduli dan Menginspirasidapat diwujudkan untuk BIG dan Indonesia yang lebih baik. "Akhir kata, atas nama Badan Informasi Geospasial kami mengucapkan selamat bergabung dan berkontribusi kepada Nusantara melalui Badan Informasi Geospasial" tutup Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Yusuf Surachman Djajadihardja dalam sambutan penutupan ini.  (Nino/TR)