Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

66 Siswa Siswi SMP Azhari Buka Open House BIG 2018

Cibinong, Berita Geospasial – Dalam rangka memperingati Hari Informasi Geospasial (HIG) tahun 2018, dan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Informasi Geospasial (BIG), mengadakan rangkaian kegiatan salah satunya ialah Open House.

Kegiatan Open House HIG tahun ini diawali dengan kunjungan dari SMP Azhari Islamic School Jakarta, sebanyak 66 siswa siswi dan 6 orang guru mengunjungi BIG Selasa (16/10), dalam kunjungan yang dilaksanakan di Gedung C Pusat Penelitian Promosi Kerjasama BIG, dijelaskan kepada para siswa kelas VII (tujuh) mengenai apa tugas dan fungsi dari BIG.

Pemaparan yang disajikan oleh Yudi Irwanto menjelaskan mengenai sejarah, fungsi dan tugas dari BIG, sementara pada sesi berikutnya dijelaskan mengenai aplikasi pemetaan PetaKita.

Dalam penjelasan aplikasi PetaKita dijelaskan bahwa Indonesia juga memiliki aplikasi navigasi pemetaan yang tidak hanya bisa dikembangkan oleh BIG, tetapi juga oleh masyarakat karena sifat aplikasi PetaKita yang partisipatif.

“semua masyarakat bisa berkontribusi di aplikasi PetaKita, karena aplikasi ini bersifat aplikasi berdasarkan partisipasi”, jelas Yenny Staf Pusat Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG).

Selain pemaparan materi di dalam kelas, pada kegiatan kunjungan kali ini dillakukan kegiatan Outdoor  berupa bermain dan belajar menggunakan peswat nirawak (drone).

Kegiatan open house ini merupakan rangkaian dari peringatan HIG 2018 dan HUT BIG ke 49 tahun, diharapkan setelah adanya open house ini, para pelajar mampu mengenal lebih dekat mengenai Informasi Geospasial. (/AR).